3 Aksesoris Pengantin Sunda Yang Populer

3 Aksesoris Pengantin Sunda Yang Populer

Pada saat melakukan pernikahan, aksesoris merupakan salah satu hal yang harus disiapkan dengan baik. Sebab, dengan adanya aksesoris yang dikenakan, pengantin wanita akan terlihat semakin cantik dan menarik. Ingin tahu apa saja aksesoris yang biasa digunakan pengantin sunda? Yuk simak macam macam aksesoris yang paling populer disini!

Macam Macam Aksesoris Yang Digunakan Pengantin 

  1. Mahkota Siger

Siger merupakan salah satu aksesoris yang wajib dikenakan oleh pengantin wanita saat melakukan pernikahan menggunakan adat sunda. Dengan menggunakan aksesoris yang satu ini, pengantin wanita akan terlihat semakin memukau dan cantik. Selain itu, mahkota siger ini juga melambangkan sikap yang arif, bijaksana, anggun, dan rasa hormat.

  1. Kembang Goyang

Meskipun memiliki nama kembang, sebenarnya aksesoris yang satu ini tidaklah terbuat dari bunga asli, melainkan terbuat dari logam. Umumnya, aksesoris kembang goyang ini dipasang pada bagian sanggul atau rambut dengan posisi menghadap ke arah belakang dan depan. Maksud dari peletakan seperti itu yakni seorang wanita harus mampu terlihat cantik dari depan dan belakang.

  1. Ronce Untaian Bunga Melati

Aksesoris dari pernikahan adat sunda berikutnya adalah ronce untaian bunga melati. Bunga melati sendiri memiliki aroma yang harum dan memiliki makna sebagai kesucian. Selain itu, ronce bunga melati ini juga melambangkan harapan sebuah keharmonisan pada suatu rumah tangga. Biasanya, aksesoris ini memiliki ukuran panjang sekitar 20 sampai 30 cm.

Itulah deretan aksesoris yang biasa digunakan oleh pengantin wanita yang menggunakan adat sunda. Tak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, ternyata aksesoris yang dikenakan pengantin wanita juga memiliki makna yang sangat mendalam. Meskipun sudah masuk ke era modern, banyak masyarakat yang  masih memegang erat kepercayaan pada aksesoris tersebut.