Informasi Peninggalan Kerajaan Banjar

Informasi Peninggalan Kerajaan Banjar

Kerajaan Banjar menjadi salah satu kerajaan yang berdiri di tahun 1520 dan letaknya berada di Kalimantan Selatan. Kerajaan ini adalah kerajaan yang memiliki system pemerintahan dan dipimpin oleh seorang sultan. Namun, sejak tanggal 11 Juni 1860, akan tetapi rakyat Banjar sendiri menghapuskan system pemerintahan yang dipimpin oleh sultan.

Inilah Peninggalan Kerajaan Banjar

Namun, di tahun 2010, Kerajaan Banjar ini dibangkitkan kembali dan juga dipimpin oleh Sultan Khairul Saleh. Bahkan sejak tahun ini, kerajaan ini menarik perhatian dari begitu banyaknya masyarakat di tanah air. Beberapa peningglan dari Kerajaan Banjar ini sendiri adalah:

  • Candi Agung

Candi Agung adalah peninggalan Kerajaan Banjar yang berusia hingga 740 tahun. Bahkan candi ini sendiri adalah situs candi Hindu Budha yang letaknya di Kalimantan Selatan.

  • Masjid Sultan Suriansyah

Peninggalan Kerajaan Banjar yang bahkan masih berdiri kokoh sampai saat ini adalah Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Kuin, Banjarmasin.

  • Makam Sultan Sulaiman

Makam yang memiliki banyak cerita sejarah dari Kerajaan Banjar sendiri adalah Makam Sultan Sulaiman. Makam ini terletak di Kalimantan Selatan.

  • Makam Sultan Suriansyah

Makam bersejarah lainnya yang bisa Anda kunjungi bahkan termasuk peninggalan dari Kerajaan Banjar adalah makam Sultan Suriansyah.

Itulah beberapa peninggalan dari Kerajaan Banjar yang bahkan masih dijaga kebersihan, keamanan dan juga keadaannya sampai saat ini.