Apa Saja Manfaat Buah Porang?

Apa Saja Manfaat Buah Porang?

Mungkin dulu buah porang jarang diketahui oleh masyarakat.Namun, saat ini buah porang ini menjadi primadona karena berbagai manfaat yang dihasilkan. Lantas apa itu buah porang. Bagi Anda yang belum mengetahui buah porang, buah porang ini merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Tanaman porang ini umumnya tumbuh di hutan.Namun saat ini banyak yang membudidayakan tanaman porang karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Buah yang memiliki harga ekonomis yang tinggi ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menurunkan berat badan

Manfaat buah porang yang pertama yaitu buah ini dapat dijadikan sebagai menu dalam program diet. Anda bisa mengolah buah porang menjadi bahan tepung alternative yang kaya akan glukomanan. Kandungan glukomanan ini merupakan polisakarida larut dalam air yang dianggap sebagai serat makanan yang mana dapat mengenyangkan,

  • Menurunkan kadar gula darah

Manfaat buah porang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain dapat menurunkan berat badan, kandungan glukomanan dalam buah porang ini juga bermanfaat dalam menurunkan risiko kadar gula. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat menurunkan risiko diabetes, kolesterol tinggi.Kandungan glukomanan juga dapat menurunkan resistensi insulin.

 

Glukomanan ini dapat meningkatkan tingkat penyerapan nutrisi dalam usus kecil.Sehingga sensitivitas insulin ikut meningkat.Glukomanan pada buah porang ini juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis.