Berbagai Cara Mengencerkan Dahak Pada Bayi

Berbagai Cara Mengencerkan Dahak Pada Bayi

Dahak pada bayi dapat mengganggu pernapasan bayi. Selain itu, dahak juga mengganggu proses menelan ASI. Hal tersebut akan membuat bayi menjadi rewel. Apalagi bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri, sehingga membutuhkan bantuan orang tua.

Pentingnya Mengencerkan Dahak Pada Bayi

Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengencerkan dahak pada bayi yang aman. Karena jika tidak segera ditangani, bayi pasti akan terus rewel. Selain itu, hal tersebut harus dilakukan secara benar supaya meminimalisir resiko kepada si bayi sendiri.

Berbagai Cara Mengencerkan Dahak Pada Bayi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengencerkan dahak pada bayi Anda. Namun ada beberapa cara yang paling mudah dan efektif untuk mengencerkan dahak pada bayi. Berikut ini kami memilihkan beberapa cara yang paling mudah dan efektif dalam mengatasi dahak pada bayi Anda.

  1. Nebulizer di Rumah Sakit

Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi yang paling umum yakni dengan menggunakan terapi uap (nebulisasi). Cara mengeluarkan dahak pada bayi menggunakan bantuan terapi obat berbentuk uap guna mengencerkan dahaknya. Termasuk dengan memberi cairan garam fisiologis dengan tujuan mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

  1. Uap Air Panas, Dengan atau Tanpa Minyak Kayu Putih

Sediakan baskom berisi air hangat, bisa dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih maupun tidak. Letakkan baskom tersebut di dekat Si Kecil sehingga ia bisa menghirup uap yang dihasilkan air hangat dalam baskom. Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini mirip dengan terapi uap yang berguna mengencerkan dahak sekaligus membuka saluran hidung Si Kecil yang tersumbat.