Serba Serbi Bunga Cempaka , Tanaman Wangi Dengan Sejuta Manfaat Dan Kesan Mistis

Serba Serbi Bunga Cempaka , Tanaman Wangi Dengan Sejuta Manfaat Dan Kesan Mistis

Serba serbi tradisi warga nusantara memberikan pemahaman unik pada deretan flora yang dimiliki. Seperti munculnya atau anggapan mistis pada tanaman dan bunga tertentu. Padahal, hal tersebut hanya karena wangi serta khasiat kesehatan yang beragam. Seperti bunga Cempaka  yang ternyata memiliki kesan mistis unik dan manfaat menarik. berikut detailnya.

Tentang Bunga Wangi Cantik, Cempaka 

Cukup sering ditemukan di Indonesia, mistis, wangi, dan berkhasiat, mungkin itulah yang muncul di benak Anda saat berbicara tentang tanaman Cempaka . Bunga yang mekar dari pohonya sendiri kerap ditemukan di bulan Juni sampai September, yang mana bisa dikenali dari warna kuning dan putihnya yang indah. Tidak hanya berbunga, tanaman ini pun ternyata mampu berbuah.

Secara umum, tanaman Cempaka  sendiri memiliki bentuk pohon dengan dimensi yang cukup besar. Yakni dengan tinggi 50 meter dan memiliki diameter 1,8 meter. Meski demikian, rata rata tinggi dari pohon bunga yang mistis ini kerap kali di angka 15-25 meter saja. Di Indonesia sendiri, bunga ini dapat ditemukan di Jawa, Maluku, Sulawesi, dan Sumatra.

Varian Bunga Yang Ditemukan

  1. Cempaka Kuning

Memiliki ciri khas harum yang semerbak, bunga Cempaka  yang satu ini masuk ke golongan tanaman perdu. Alhasil tingginya pun hanya sekitar 3 -6 meter. Meski demikian, bunganya cenderung lebih besar dari jenis lainnya dengan buah berwarna coklat di pohonnya. Meski didominasi warna kuning, bunga varian ini pun akan memiliki corak jingga saat mekar.

  1. Cempaka Putih

Yang paling sering disebut sebagai bunga Magnolia Alba atau kantil, varian yang satu ini cukup populer di Indonesia. Bunganya harum dengan ukuran mencapai 5 cm. Saat dipetik dengan kuncup kehijauan, tanaman ini kerap menjadi pelengkap kosmetik dan penampilan dalam upacara adat dan keagamaan seperti hiasan rambut pengantin wanita.

  1. Cempaka Merah

Jenis yang satu ini dikenal sebagai varian termahal. Pasalnya, bibitnya saja dapat dibanderol dengan harga mulai dari 1 – 3 jutaan. Saat ditanam, tinggi pohonnya mencapai 25 meter yang memiliki bunga mirip lili berwarna merah muda beraroma khas.  Bunga Cempaka  ini cukup unik karena hanya mekar selama 2 jam saja, kemudian layu dan memiliki tampilan biasa.

  1. Cempaka Ungu

Untuk Purple Magnolia atau Magnolia liliiflora, warna ungunya kerap kali muncul di awal musim hujan. Karena kondisi sini pula, maka bisa dikatakan penanamannya cukup pilih pilih. Hal ini karena pohon dengan bunga berwarna ungu terang ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi dengan rata rata suhu sekitar 20 – 26 derajat Celcius.

Pemanfaatan Bunga Di Nusantara

Lantas mengapa disebut mistis? Hal ini tak terlepas dari fungsinya yang kerap digunakan sebagai alat atau pelengkap tampilan kebutuhan ritual keagamaan dan adat. Salah satunya adalah untuk bunga yang digunakan sebagai pelengkap ritual sembahyang di kuil. Beberapa adat pernikahan pun menggunakan bunga cantik tersebut.

Selain itu, ada pula deretan fungsi dan khasiat kesehatan. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan bunga Cempaka sebagai bahan pengobatan ayurveda, seperti untuk obat amandel, batuk, dan demam. Wanginya yang semerbak sendiri menjadi salah satu bahan utama untuk parfum dari brand kawakan asal Prancis, Joy.

Dari banyaknya sketsa bunga yang bisa Anda temukan tentang Cempaka , hampir semuanya memiliki tampilan yang serupa. Perbedaan utamanya adalah warna dan fungsinya saja. Sebagai tanaman dengan tampilan indah dan wangi yang semerbak, tak heran jika bunga ini cocok untuk bahan parfum. Sedangkan kesan mistisnya muncul karena fungsi kental untuk adat dan keagamaan.