Cara Belajar IELTS Mandiri Yang Efektif Untuk Hasil Maksimal

Cara Belajar IELTS Mandiri Yang Efektif Untuk Hasil Maksimal

Belajar IELTS secara mandiri memang masih memungkinkan dan bisa mendapat hasil yang baik. Namun tentu ada hal yang tetap harus diperhatikan, seperti cara belajar, disiplin tinggi dan bisa menguasai materi IELTS dengan baik. Selain itu, mengetahui jenis IELTS juga penting, supaya kita tahu materi apa yang harus dipelajari sesuai dengan kebutuhan. Misalnya apakah tujuannya untuk bekerja atau melanjutkan sekolah.

Bagi yang ingin belajar IELTS secara mandiri, karena punya kendala biaya untuk ikut kursus atau hal lain, simak tips dan panduan belajar IELTS mandiri berikut ini.

Mengenali kebutuhan IELTS

Mengenali kebutuhan atau tujuan mengikuti IELTS sangat harus diperhatikan. Pasalnya persiapan IELTS yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk mendapat pekerjaan akan berbeda dengan persiapan IELTS untuk melanjutkan kuliah. Kedua jenis tes IELTS tersebut tentu memiliki perbedaan, misalnya di gaya soal yang diujikan. Pastikan Anda mengetahui tentang kebutuhan ini, supaya dalam belajar tidak akan miss dalam belajar.

Kenali Kemampuan Bahasa Inggris dan IELTS di Awal

Mengenali kemampuan Bahasa Inggris sangat penting, supaya Anda bisa menentukan darimana harus mulai belajar IELTS. Pemahaman tentang Bahasa Inggris yang semakin baik tentu akan mempercepat waktu Anda menguasai materi-materi IELTS dan mempertinggi peluang mendapat nilai bagus saat tes.

Cara mengenali kemampuan bahasa Inggris adalah mencoba mengerjakan tes TOEFL atau IELTS yang ada di internet. Nilai standar IELTS untuk masuk perguruan tinggi biasanya adalah 6.0. Jadi Anda bisa mengukur kemampuan Anda sendiri melalui hasil tes.

Mengetahui spesifikasi tes IELTS

Seseorang yang ingin belajar IELTS biasanya, sudah pernah melewati masa tes TOEFL. Kedua jenis tes ini memiliki perbedaan yang harus diketahui. Diantaranya tipe soal, aksen pada soal listening dan cara penilaiannya. Pastikan Anda benar-benar mencari metode belajar yang tepat untuk belajar IELTS mandiri.

Selain itu, jenis IELTS untuk pekerjaan dan melanjutkan kuliah juga terdapat perbedaan. Misalnya waktu pengerjaan soal, materi yang akan diuji, format pertanyaan dan cara penilaian pada masing-masing tes. Dengan memahami spesifikasi tes IELTS, Anda bisa menyesuaikan dengan keadaan tes yang sebenarnya, karena lama-lama akan terbiasa dan nggak kaget saat tes asli.

Tes IELTS maupun tes TOEFL yang beberapa waktu lalu masih menggunakan kertas, namun saat ini sudah banyak yang menggunakan computer. Tidak ada salahnya Anda  menguasai kedua jenis pengujian ini, supaya saat Anda mendapat pengalaman tes yang berbeda, tidak perlu merasa khawatir.

Memilih Waktu Belajar Yang Tepat

Waktu belajar seseorang tidaklah sama, ada yang nyaman belajar saat malam hari ada juga yang suka belajar pagi atau siang hari. Menemukan waktu belajar yang tepat dan nyaman juga harus diperhatikan, supaya aktifitas cara belajar IELTS mandiri Anda maksimal. Lakukan latihan pada waktu tersebut secara konsisten.

Perbanyak Latihan Soal

Cara belajar IELTS mandiri yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah perbanyak latihan soal. Dengan cara ini, Anda akan semakin mengenal gaya soal, contoh kasus pada soal, maupun belajar tepat waktu dalam menjawab soal. Beberapa hal tersebut jika sudah terbiasa cepat, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti. Pasalnya jenis soal yang diujikan tentu tidak akan jauh berbeda.

Anda bisa latihan listening maupun reading di rumah, di perjalanan maupun saat mengerjakan aktivitas lain. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih kepekaan telinga, sehingga Anda akan semakin mudah memahami ucapan dari pembacaan soal listening.