4 Panduan atau Cara Cas Sepeda Listrik Untuk Tipe Sepeda Lipat

4 Panduan atau Cara Cas Sepeda Listrik Untuk Tipe Sepeda Lipat

Sama halnay seperti sepeda motor, sepeda lsitrik juag perlu bahan bakar. Namun bedanya, sepeda ini menggunakan suber energy yang lebih ramah lingkungan yaitu berupa listik. Mereka tidak akan mengeluarkan polusi berupa Co2 yang menurunkan kualitas udara. Ngomong ngomong soal sumber energy sepeda listik, yuk cari tahu cara cas sepeda listrik untuk tipe sepeda lipat!

Urutan Cara Isi Baterai Sepeda Listirk Lipat

  1. Melepaskan Aki Yang Ada Pada Sepeda

Mengecas sepeda listrik sangat mudah dan bisa dilakukan di dalam rumah. Adapun langkah pertama yang pelru anda lakukan adalah melepas aki dari tubuh sepeda. Hal ini penting, karena aki tidak bisa diisi saat posisinya masih menempel pada sepeda. Selain itu, cara ini juag tidak akan karena dapat menyebabkan konsleting listrik.

Kerusakan karenaa danya bagian yang konselt cukup sulit untuk diatasi. Apalagi sistem kelistrikan ayng ada di sepeda listirk merupakan nyawa utama yang bisa membuat sepeda tersebut dapat bergerak. Jika bagian listriknya ini bermasalah, maka anda hanya bisa menggunakannya sebagai sepeda kayuh pada umumnya.

  1. Mencolokkan Ujung Adaptor Dengan Aki

Aki yang ada di dalam sepeda listrik memiliki bagian sambungan berupa adaptor. Bagian ini tidak boleh sampai hilang dan perlu anda simpan dengan baik. Jika adaptor akinya hilang, maka anda tidak bisa mengecas aki karena fungsi komponen tersebut sangat penting. Adapun fungsi dari adaptor adalah untuk mengubah arus yang sejajar atau AC menjadi DC atau arus bolak balik.

Besarnya tegangan setiap adaptor juag berbeda beda, tergantung dengan kebutuhan peralatan lstrik yang menggunakannya. Adaptor ini anda dapatkan saat anda membeli sepeda lsitrik karena sudah menajdi satu paket. Apabila anda belum mendapatkannya, maka anda pelru konfirmasi pada pihak penjual siapa tahu ada yang tertinggal.

  1. Meleratakkan Baterai Di Posisi Yang Aman

Meletakkan baterai atau aki yang sednag dicas tidak bisa sembarangan. Pastikan jika abterai pada posisi yang stabil dan tidak akan akan jatuh saat tersenggol. Jangan letakkan baterai diatas jok sepeda karena bentuknya yang tidak datar. Selain itu, penampangnya juga sempit sehingga rentan jatuh saat ada sedikit goyangan. Aki yang jatuh dari ketinggian rawan mengalami kerusakan yang fatal.

Bahkan ada beberapa batera yan meledak saat di cask arena tidak sengaja jatuh. Selain meletakkannay di tempat yang aman, jaukan aki dari jangkaiann anak anak. Takutnya aki digunakan untuk bermian dan menyebabkan benda tersbeut menjaid rusak. Selain itu, aki juga termausk benda yang berbahaya dan bisa menyebabkan kebakaran atau konslet.

  1. Sambungkan Aki Dengan Sumber Listrik

Setelah mencari lokasi yang aman untuk mengecas, anda bisa langsung menyambungkan aku degan sumber listrik. Usahkaan jika tegangan di ruah anda cukup stabul dan tidak mudah drop. Listrik yang tiba tiba mati dan terjadi berulangkali bisa menyebabkan baterai atau aki menjadi rusak. Hal tersebut wjaib dihndari karena akan memperpendek masa guna dari aki yang anda miliki.

Cara cas sepeda listrik yang telah disebutkan tadi sejatinya cukup umum untuk setiap peralatan elektronik. Oleh karena itu, anda perlu memastikan bahwa rumah anda memiliki tegangan yang cukup sebelum memutsukan untukmembeli sebiah sepeda listrik. Sangat disyaanakan jiak sepeda menjadi cepat rusak hanya karena batreai yang tidak tercas dengan baik.

Jika anda maish bingung ata ragu bagaimana cara mengecas sepeda dengan baik, anda bisa bertanya pada pihak penjual sebelum deal. Dengan begitu, anda tidak akan mendpaat masalah karena ada kalanya, satu produk perlu perlakuan khsusus. Apalahi saat ini banyak sekali merek sepeda listirk murah yang perluakuannya bisa berbeda beda.