4 Alternatif Cara Logout Gmail Di Hp Melalui Berbagai Setting

4 Alternatif Cara Logout Gmail Di Hp Melalui Berbagai Setting

Penggunaan akun Google dan Gmail pada Hp smartphone sepertinya sudah bukan hal yang baru lagi. Bahkan, hampir semua gawai android membutuhkan akun tersebut untuk berfungsi. Meski demikian, masih banyak yang masih bingung dengan cara logout Gmail di Hp. Sebenarnya, caranya cukup mudah seperti yang dijabarkan di dalam ulasan berikut.

Logout Melalui Setelan Atau Setting

Cara yang pertama ini bisa Anda gunakan untuk segala jenis smartphone. Baik itu Android maupun iOS, umumnya pengguna akan menggunakan akun sebagai penanda user. Meski demikian, perlu dicamkan bahwa setiap smartphone memiliki interface yang berbeda. Jadi Anda perlu menemukan opsi setting yang menyerupai cara berikut ini.

  1. Masuk Ke Setting Atau Setelan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam setting atau setelan. Pada umumnya opsi ini ditandai dengan icon roda gir, yang mana bisa ditemukan di dalam menu atau slide down bar. Karena setiap HP memiliki desain yang berbeda, cara yang paling mudah untuk menemukan opsi ini adalah dari menu bar.

Menu bar adalah layar yang menunjukkan kumpulan aplikasi di dalam smartphone. Dari menu tersebut pilih setting, setelan, atau pengaturan. Nantinya Anda akan dibawa ke dalam informasi menyeluruh akan pengaturan smartphone. Di sini pula Anda dapat melakukan pengaturan akun yang digunakan.

  1. Cari Opsi Yang Menunjukkan Informasi Pengguna Atau Akun

Saat berada di dalam setting, gulir dan cari opsi yang memberikan informasi akun dan pengguna. Umumnya opsi pengaturan ini bisa ditemukan di bagian bawah atau akhir menu. Users & account pun kerap kali disandingkan dengan opsi informasi mengenai gawai yang digunakan. Pilih opsi pengguna dan akun, kemudian lanjutkan.

  1. Pilih Akun Yang Ingin Dikeluarkan (Akun Google)

Di dalam pengaturan user & account, akan muncul berbagai informasi mengenai akun yang terhubung. Jumlah akun ini sendiri bisa beragam sesuai dengan layanan yang Anda ikuti. Seperti akun Google sebagai dasar dari Gmail. Untuk logout, Anda harus pilih akun Google yang terhubung. Kemudian pilih alamat akun yang ingin dihapus (jika ada lebih dari satu akun google).

  1. Hapus Akun

Saat Anda memilih akun google yang akan dihapus, gawai akan memberikan informasi lebih jauh akan sinkronisasi data. Anda tidak perlu melakukan atau mengganti apapun tentang sinkronisasi tersebut. Yang perlu dilakukan adalah pilih opsi tambahan di bagian atas kanan layar. Kemudian pilih remove atau hapus akun. Otomatis, akun Gmail pun akan logout sendiri.

Langsung Dari Aplikasi Gmail

cara logout melalui setting umumnya dilakukan jika tidak ditemukan aplikasi terkait pada gawai. Seluruh informasi akun yang tersambung dan tersinkronisasi dapat ditemukan di dalam menu pengaturan. Namun, jika Anda memiliki dan menggunakan aplikasi Gmail maka caranya jauh lebih mudah. Berikut adalah rinciannya.

  1. Buka Aplikasi Gmail

Hal pertama yang perlu dilakukan cukup sederhana. Anda bisa membuka aplikasi Gmail yang terpasang di dalam smartphone. Sekali lagi, Anda dapat menemukan aplikasi ini dari halaman menu utama dari smartphone. Aplikasi Gmail memiliki icon berbentuk amplop surat dengan highlight huruf M. Klik dan lanjutkan cara logout gmail di hp.

  1. Ketuk Icon Tiga Garis

Saat aplikasi telah terbuka, Anda akan mendapati halaman utama Gmail yang berisi deretan surat masuk. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetuk icon tiga garis (hamburger) yang ada di sebelah kiri atas. Nantinya akan muncul menu tambahan baru untuk informasi lain. Dari menu tersebut Anda bisa memilih opsi setting atau pengaturan.

  1. Masuk Ke Dalam Pengelolaan Akun

Dari dalam setting tersebut akan muncul beberapa opsi pengaturan lainnya, seperti setelan umum, akun yang terhubung, dan penambahan akun. Untuk keluar dari akun Gmail, pilih opsi dengan nama akun atau alamat email yang Anda gunakan. Nantinya Anda akan mendapati menu setting lain berkaitan dengan akun yang digunakan.

Di dalam menu setting tambahan yang baru muncul tersebut, pilih pengelolaan akun atau manage your google account. Nantinya Anda akan dibawa ke dalam menu informasi akan akun yang digunakan. untuk langkah selanjutnya pilih opsi tambahan dengan klik tanda panah ke bawah tepat di samping alamat email yang digunakan. lalu pilih pengaturan.

  1. Pilih Akun Yang Ingin Dikeluarkan

Opsi pengaturan tersebut akan membawa Anda ke user & account setting. Sekali lagi, pilih akun yang ingin dikeluarkan. Perlu diingat bahwa aplikasi Gmail yang digunakan akan terhubung dengan akun Google. Dalam artian lain, jika Anda log out akun google maka seluruh aplikasi yang terhubung pun akan ikut logout.

  1. Hapus Akun Google

Dari dalam informasi sinkronisasi dan akun google yang ingin dihapus, Anda hanya perlu menghapus akun. Caranya adalah dengan menekan tombol dua titik atau pengaturan di bagian kanan atas. Klik, kemudian pilih hapus akun. Konfirmasi persetujuan, dan seluruh aplikasi dengan akun google pun akan keluar. Termasuk dengan Gmail.

Menggunakan Browser

Jika Anda menemukan aplikasi Google Chrome di dalam smartphone, proses logout pun tidak jauh berbeda dengan melalui Gmail. Hal ini dikarenakan kedua aplikasi tersebut terhubung secara langsung dengan akun google. Saat Anda menghapus akun dari browser, maka secara otomatis akun Gmail pun akan logout. Berikut adalah caranya.

  1. Buka Google Chrome

Awali dengan masuk ke dalam aplikasi Chrome. Jika saat membuka aplikasi Anda diarahkan ke dalam suatu situs, maka Anda perlu kembali ke dalam halaman utama. Caranya adalah dengan menekan tanda plus di pojok bagian kanan bawah layar. Anda juga bisa masuk halaman utama dengan klik icon tiga titik di atas kanan dan pilih New Tab.

  1. Ketuk Nama Akun Atau Profil Akun

Saat berada di dalam halaman utama, klik nama akun atau profil akun di bagian atas. Nantinya Anda akan masuk ke dalam pengaturan aplikasi. Di sini, pilih akun yang ingin dikeluarkan. Untuk dapat logout, Anda pun harus masuk ke dalam pengaturan pengguna dan akun. Karena itulah pilih atur Akun google Anda.

  1. Pilih Manajemen Akun

Di dalam pengaturan akun, Anda perlu menghapus akun tersebut agar tidak terhubung dengan smartphone. Yang perlu dilakukan adalah memilih opsi manajemen akun di menu tersembunyi. Klik tanda panah bawah di samping alamat email untuk menemukan opsi tersebut dan melanjutkan cara logout gmail di hp.

  1. Hapus Akun

Saat masuk ke dalam pengaturan pengguna dan akun, pilih akun yang ingin dihapus. Kemudian hapus akun tersebut. Ingat bahwa dengan logout maka Anda akan diminta untuk memasukkan lagi email dan password saat mengakses aplikasi terkait. jika Anda berencana untuk mengganti gawai maka logout akun sangat dianjurkan.

Untuk Pengguna Iphone Atau Ipad

Bagi Anda yang menggunakan gawai dengan sistem operasi iOS, seperti iPhone atau iPad maka caranya pun tidak jauh berbeda. Apalagi mengingat bahwa gawai dan perangkat tersebut masih tetap memberikan keleluasaan penggunanya untuk menggunakan Gmail dan login dengan akun google. Berikut adalah step by step cara yang bisa Anda coba.

  1. Buka Aplikasi Gmail

Sama seperti gawai android atau smartphone lainnya, Anda perlu mengakses akun google melalui setting atau aplikasi terkait. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan logout dari akun menggunakan aplikasi Gmail, Maps, Youtube, dan lainnya. Yang terpenting adalah aplikasi tersebut membutuhkan akun Google untuk berfungsi. Kemudian lakukan cara berikut.

  1. Masuk Ke Menu Di Sebelah Kiri Atas

Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail untuk keluar dari akun, maka pilih menu dengan icon tiga garis horizontal di kiri atas. Nantinya akan muncul rentetan opsi untuk melakukan pengaturan lebih lanjut atau membuka bagian lain dari Gmail. Hal serupa dapat dicoba di aplikasi yang terhubung dengan akun Google, seperti Maps.

  1. Masuk Ke Dalam Akun

Apabila Anda tidak menemukan icon serupa di dalam aplikasi lain, yang terpenting adalah masuk ke dalam akun yang digunakan. hampir semua apk google akan memberikan informasi akun dengan tampilan Akun profil. Di dalam Gmail sendiri, Anda akan menemukan icon dengan gambar profil di halaman utama. Begitu pula dengan Youtube ataupun Maps.

  1. Kelola Akun

Dengan mengetuk profil foto tersebut, Anda akan masuk ke dalam informasi akun yang digunakan. untuk melanjutkan cara ini, Anda dapat memilih opsi manage Account atau kelola akun. Nantinya Anda akan mendapati data akun Google yang terhubung di dalam smartphone, termasuk daftar sinkronisasi yang diaktifkan.

  1. Pilih Edit Dan Hapus

Dari halaman tersebut, Anda hanya perlu menghapus akun. Caranya pun mudah, karena Anda hanya perlu menemukan opsi edit yang ada di dalam halaman. Nantinya akan muncul pilihan untuk menghapus akun. Pilih dan konfirmasi proses hapus, untuk keluar dari Gmail serta aplikasi terkait lainnya.

Alasan Melakukan Logout Dari Akun Gmail Dan Google

Mengapa Anda harus keluar dari akun Google dan Gmail? Jika Anda bertanya akan hal tersebut, jawabannya adalah untuk menjaga privasi dan informasi yang ada di dalam akun. Pada dasarnya akun google akan tersambung dan tersinkronisasi dengan segala aplikasi terkait. Seperti Gmail, Youtube, Chrome, Maps, bahkan media sosial.

Saat Anda melakukan logout, maka seluruh aplikasi terkait yang ada di dalam smartphone pun tidak akan terhubung dengan akun. Dengan begitu, apapun aktivitas baru yang dilakukan tidak akan terdaftar di dalam akun google. Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari penyalahgunaan akun dan identitas.

Terutama bagi Anda yang menggunakan akun google untuk berbagai kebutuhan. Seperti mendaftar aplikasi Banking atau pekerjaan. Cara logout gmail di hp juga mengurangi risiko kebocoran informasi. Pengguna HP Anda tidak akan dapat melihat data, email, rekam jejak, atau data penting lain dari akun Google yang terhubung. Cara ini penting saat Anda ingin ganti HP baru.  

Meski telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan, gawai memang memiliki sistem yang cukup rumit. Pengaturan dan penggunaan akun serta aplikasinya tak jarang membuat penggunanya geleng kepala. Untuk kebutuhan logout akun Gmail, Anda bisa coba cara alternatif yang disebutkan. Untuk informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk cek https://kangsandi.id