Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias

Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias

Pada tanaman hias daun, keindahan utama daunnyalah yang menjadi perhatian. Oleh karena itulah corak dan warna daun tanaman hias ini bisa sangat bervariasi. Namun, memiliki corak dan warna bervariasi saja masih belum cukup karena Anda masih harus melakukan perlakuan khusus agar daun tanaman hias tetap bersih.

Agar daun tanaman hias tetap bersih, Anda akan membutuhkan beberapa cara membersihkan daun tanaman hias sebagai berikut:

Sikat lembut

Cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan daun tanaman hias salah satunya adalah dengan menggunakan sikat lembut untuk membersihkan debunya. Tanaman hias yang dapat dibersihkan dengan cara ini adalah tanaman hias yang memiliki bulu-bulu halus pada bagian daunnya, contohnya violet afrika.

Pasalnya, membersihkan daun tanaman hias yang memiliki bulu halus menggunakan air dapat menyebabkan bulu-bulu halus tersebut menjadi rusak. Akibatnya, pertumbuhan tanaman hias yang bersangkutan pun bisa terganggu.

Oleh karena itulah debu yang ada di sela-sela bulu halus tersebut sebaiknya dihilangkan dengan menyikatnya perlahan menggunakan sikat lembut hingga bersih.

Kebas dengan kemoceng

Jika Anda rajin merawat dan membersihkan daun tanaman hias, debu yang bertumpuk di permukaan daun pasti belum terlalu tebal. Oleh karena itulah Anda dapat menggunakan kemoceng yang memiliki bulu halus untuk membersihkannya.

Gunakan kemoceng yang berbulu halus tersebut untuk menyapu debu pada permukaan daun tanaman hias. Lakukan dengan perlahan sehingga permukaan daun tidak tergores.

Cara membersihkan debu pada daun tanaman hias ini dapat digunakan pada tanaman indoor, terutama untuk membersihkan tanaman hias yang daunnya menumpuk.

Semprot dengan larutan sabun

Untuk tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan (outdoor), membersihkan daun menggunakan air saja mungkin belum cukup. Terutama jika tanaman hias tersebut diletakkan dekat dengan jalan yang kerap dilalui kendaraan.

Untuk membersihkan daun tanaman hias tersebut, Anda sebaiknya menggunakan larutan sabun cuci piring. Semprotkan larutan sabun tersebut ke permukaan daun tanaman hias kemudian lap menggunakan lap lembut untuk membersihkan sisa sabun yang menempel.

Hal penting yang harus diingat adalah jangan menggunakan sabun terlalu banyak. Cukup ┬╝ sendok teh untuk satu liter air hangat.

Celupkan ke dalam air hangat

Mencelupkan tanaman hias ke dalam air hangat dapat dilakukan untuk membersihkan tanaman hias yang berukuran kecil. Namun, pastikan untuk melindungi bagian pot dan tanahnya. Oleh karena itulah Anda dapat membungkus bagian potnya menggunakan plastik terlebih dahulu sampai rapat, kemudian baru merendam tanaman hias.

Selain itu, bisa juga dengan mencelupkannya ke air hangat dan membalikkannya, tetapi Anda harus menahan agar tanah di pot tidak berjatuhan.

Lap dengan kain basah

Gunakan kain yang lembap atau setengah basah untuk mengelap tanaman hias yang berdaun lebar. Disarankan untuk memakai lap microfiber yang memiliki serat halus karena lap ini dapat mengangkat minyak, kotoran, serta menyerap air dengan efektif. Namun, Anda juga dapat menggunakan tisu basah sebagai alternatifnya.

Cara membersihkan daun tanaman hias di atas jika dilakukan dengan rutin dapat membuat tanaman hias Anda senantiasa mengilap dan indah. Anda juga dapat menggunakan salah satu cara yang cocok untuk membersihkan anggrek seperti cattleya.

Jika Anda meletakkan anggrek tersebut di luar ruangan, membersihkan cattleya menggunakan larutan sabun lebih direkomendasikan. Namun, Anda juga bisa mencoba membersihkannya menggunakan kain atau tisu basah.