Sudah Tahu Cara Membuat Panel Surya Dari Kawat Tembaga? Simak Disini!

Sudah Tahu Cara Membuat Panel Surya Dari Kawat Tembaga? Simak Disini!

Di jaman sekarang, memang banyak orang yang mulai tertarik dengan keberadaan panel surya. Hal ini lantaran penggunaannya sebagai energi alternatif, memang sangat berguna. Terutama sebagai energi pada bangunan untuk perumahan. Dicap sebagai sumber energi yang ramah lingkungan, anda pun bisa membuatnya sendiri. Begini cara membuat panel surya dari kawat tembaga.

Langkah Langkah Membuat Panel Surya Sendiri

1. Bahan yang Perlu Disiapkan

Ketika anda ingin membuat panel surya dari tembaga, maka anda perlu untuk menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Adapun bahan bahan yang bisa anda persiapkan adalah 1 lembar plat tembaga yang mengkilap. Setelah itu siapkan pula 2 capit buaya dan juga 1 micro ammeter.

Jangan lupa pula, anda juga perlu untuk menyediakan 1 kompor listrik dan juga 1 botol plastik bening yang mana untuk bagian atasnya telah dipotong. Kemudian siapkan 2 sendok makan garam meja, 1 amplas atau sikat kawat serta air dan gunting. Bahan bahan tersebut bisa anda persiapkan terlebih dahulu sebelum mulai membuat panel surya dari tembaga ini.

2. Mulai Proses Memotong

Selanjutnya, sebagai langkah langkah dan cara membuat panel surya dari kawat tembaga ini, anda bisa  dengan memotong kawat tembaga terlebih dahulu. Potonglah dengan yang memiliki ukuran persis dengan ukuran panel pemanas yang biasa anda temukan pada kompor listrik.

Kemudian, anda pun bisa membersihkan tembaga tersebut yang telah dipotong dengan rapi menggunakan sikat kawat atau yang biasa disebut dengan amplas. Pembersihan tersebut memiliki tujuan agar nantinya kotoran yang menempel di tembaga tersebut bisa hilang. Sebab, kotoran yang menempel akan memiliki potensi untuk menghambat proses dari penyerapan sinar matahari.

3. Bakar Tembaga

Ketika anda telah memastikan bahwa tembaga tersebut bersih, maka saatnya proses pembakaran. Anda bisa menyiapkan kompor listrik dan bakarlah dengan menggunakan voltase yang tinggi. Untuk waktu pembakarannya sendiri yakni sekitar 30 menit. Atau anda bisa membakarnya hingga lapisan tembaga telah berubah menjadi hitam.

Barulah saat tembaga telah berwarna hitam, anda bisa mendiamkannya hingga dingin terlebih dahulu kurang lebih selama 20 menit. Lalu anda pun bisa melanjutkannya dengan mencuci tembaga tersebut dan menggosoknya di bawah air yang mengalir secara pelan pelan. Hindari untuk meregangkan tembaganya.

4. Potong Lembaran Tembaga yang Lain

Selanjutnya, anda pun bisa memotong lembaran tembaga yang lain. Lakukan hal yang sama seperti anda memotong tembaga pertama. Lalu, anda pun bisa menekuk lembaran tersebut dan masukkan ke dalam botol plastik. Untuk posisinya sendiri yakni usahakan agar kedua tembaga tersebut tidak bersinggungan antara satu dengan yang lain.

Selain itu, pada kedua lembaran tembaga tersebut, anda bisa memasang capit buaya. Lalu, pasangkan dengan kabel dari tembaga yang kedua ke terminal negatif yang ada di ammeter. Anda bisa memasukkan air garam yang telah dipanaskan ke dalam botol. Hindari untuk membasahi capit buayanya. Dan pastikan pula jumlah dari air garam tidak membuat seluruh tembaga jadi tenggelam.

Cara ini bisa anda lakukan sebagai salah satu percobaan dan solusi lantaran harga panel surya masih cenderung cukup tinggi saat awal pembelian. Namun, ketika anda menggunakan solar panel nantinya setiap tahunnya akan lebih terjangkau untuk pembayaran listrik. Ditambah lagi, jenis tenaga alternatif ini pun terbilang ramah lingkungan. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba membuat solar panel sendiri di rumah dengan menggunakan kawat tembaga.