Ketahui Cara Menambah Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Ketahui Cara Menambah Nafsu Makan Pada Saat Sakit

Pada saat sakit, tentunya seseorang merasa malas melakukan segala aktivitas.Anda hanya ingin beristirahat dan nafsu makan pun ikut menurun.Padahal, tubuh Anda yang sakit tersebut memerlukan nutrisi agar cepat sembuh. Sebab, makanan tertentu kaya akan vitamin dan mineral yang mana dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Lantas bagaimana cara menambah nafsu makan pada saat sakit agar cepat sembuh? Berikut ini cara-caranya:

  • Makan makanan kesukaan Anda

Sakit dapat mengurangi indra pengecap Anda. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor turunnya nafsu makan saat sakit karenanĀ  makanan tak lagi terasa enak. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba menyediakan berapagam makanan kesukaan Anda.

 

  • Menambahkan bumbu dan rempah yang memicu nafsu makan

Beberapa jenis bumbuh dan rempah dipercaya dapat menambah nafsu makan secara alami kepada seseorang, meskipun sakit sekalipun.Bumbu dan rempah yang dimaksud yaitu bawang putih, jahe, ketumbar, asam jawa, lada hitam, cengkeh, dan adas.Anda bisa mengonsumsi bumbu dan rempah tersebut sebagai bumbu masakan.

Dalam mengonsumsi makanan sakit, konsumsilah makanan dalam porsi yang lebih kecil dari sebelumnya.Pasalnya, jika Anda langsung makan dalam porsi normal, Anda dapat merasa mual setelah makan. Selain itu jangan lupa juga untuk selalu bisakan meminum air putih .Satu hal yang perlu Anda ingat saat sakit yaitu usahakan untuk tidak minum di sela waktu makan agar tidak cepat kenyang.