Cara Mengatasi Mata Gatal Dengan Mudah dan Efektif

Cara Mengatasi Mata Gatal Dengan Mudah dan Efektif

Mata gatal selalu membawa ketidaknyamanan yang luar biasa. Jadi, Anda perlu mencari tahu penyebab mata gatal dan cara mengatasi mata gatal dengan efektif.

Saat mata gatal, menggosonya dapat melepaskan lebih banyak histamin dan memperburuk kondisi. Cara terbaik untuk meredakan mata gatal adalah dengan mencari penyebabnya dan menerapkan cara mengatasi mata gatal di rumah.

Mengapa mata terasa gatal?

1. Alargi Makanan, Alergi hewan, dan alergi lingkungan

Mata gatal sering merupakan tanda konjungtivitis alergi. Gejala ini disebabkan oleh tubuh yang bereaksi terhadap alergen tertentu, bisa berasal dari makanan atau lingkungan sekitar. Orang juga bisa mengalami mata gatal hanya karena kontak dengan kucing atau anjing.

Dalam kasus di atas, Anda bisa menggunakan obat anti alergi yang berfungsi menenangkan reaksi alergi dan mengurangi rasa gatal.

2. Mata kering

Ini adalah kondisi di mana tidak ada cukup air untuk melumasi dan menyehatkan mata, yang umum terjadi pada orang tua. Berbeda dengan beberapa penyebab mata gatal lainnya, mata kering adalah kondisi kronis umum yang memerlukan perawatan. Penyakit ini menyebabkan mata panas, gatal atau nyeri, penglihatan kabur terus-menerus, dan mata berair.

3. Karena benda asing di mata

Benda-benda kecil seperti asap, debu, atau bulu mata bisa tersangkut di sudut mata dan menyebabkan Anda mengalami gatal-gatal. Banyak orang secara refleks akan menggosok mata dengan tangan, tetapi tindakan ini menyebabkan gesekan yang kuat dan menyebabkan kornea Anda terkikis, meningkatkan risiko infeksi mata yang sangat tinggi.

4. Sering memakai lensa kontak

Jika Anda menggunakan lensa kontak secara tidak benar atau terlalu sering, juga bisa menjadi penyebab sudut mata terasa kering dan gatal. Bila menggunakan lensa kontak dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko infeksi retina, mata kering, alergi.

Namun jika lensa kontak tidak dibersihkan dengan benar, maka akan mudah menimbulkan risiko konjungtivitis dan menyebabkan konjungtivitis. mata menjadi lebih sensitif, merah gatal, lebih tidak nyaman.

Selain itu mata gatal juga dapat disebabkan oleh Peradangan kelopak mata, Kelelahan mata karena menggunakan perangkat elektronik dan Konjungtivitis karena air kolam renang.

Cara Mengatasi Mata Gatal Dengan Mudah dan Efektif

1. Pakai kacamata atau masker saat keluar

Kenakan kacamata atau masker untuk melindungi mata dan hidung dari debu, serbuk sari, virus, dan bakteri. Anda harus membersihkan rumah dan tempat kerja Anda secara teratur untuk menghilangkan iritasi, debu, dan jamur yang dapat memicu alergi.

2. Hindari memakai lensa kontak terlalu lama

Menggunakan lensa kontak dalam waktu lama akan meningkatkan iritasi pada kornea dan konjungtiva yang menyebabkan mata gatal.

3. Mencegah mata kering

Udara AC yang dingin dan kering akan membuat mata Anda cepat kering. Jika mata gatal disebabkan oleh mata kering, gunakan pelembab untuk meningkatkan kelembaban pencegahan mata kering.

4. Bilas mata secara menyeluruh dengan air bersih atau pencuci mata

Pencuci mata sangat efektif untuk membasuh alergen di mata, terutama serbuk sari, debu, virus, bakteri.

5. Hangatkan area mata

Gunakan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk dioleskan ke area kelopak mata yang gatal. Kemudian rileks selama sekitar 10-15 menit untuk memperbaiki kondisi ini secara efektif.

6. Bersihkan kelopak mata dengan larutan garam

Jika ada rasa gatal di sudut mata, Anda bisa mencari larutan garam untuk membersihkan kelopak mata. Pada saat yang sama, ini juga membantu menghilangkan semua bakteri yang berada di sudut mata. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapas bersih untuk mencelupkan air toilet, menghindari bakteri menyebar dan menyebar ke area mata lainnya.

Ada banyak penyebab mata gatal dan Anda bisa menerapkan cara mengatasi mata gatal diatas. Tapi saat mata gatal tidak sembuh-sembuh, jangan sembarangan menggunakan obat. Tapi pergilah ke rumah sakit spesialis mata untuk diperiksa oleh dokter.

Selain tips tentang kesehatan mata di atas, kami juga masih memiliki tips mengobati mata minus dengan operasi Lasik.