Cara Meredakan Hidung Tersumbat Secara Alami

Cara Meredakan Hidung Tersumbat Secara Alami

Hidung tersumbat bisa jadi merupakan tanda peningkatan sekret hidung yang teriritasi atau merupakan gejala dari rinitis, sinusitis, ataupun lainnya. Ada beberapa cara meredakan hidung tersumbat di bawah ini yang bisa membantu kamu untukĀ  menghilangkan rasa tidak nyaman saat pilek dengan cepat.

Cara Meredakan Hidung Tersumbat Secara Alami dan Mudah

Hidung tersumbat pastinya akan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, dan mempengaruhi aktivitas harian seperti bekerja dan belajar. Karena itu kamu bisa mencoba mengikuti cara meredakan hidung tersumbat secara alami berikut dengan cepat.

1. Meredakan hidung tersumbat dengan Larutan garam fisiologi

Pengobatan rumah atau alami untuk hidung tersumbat menggunakan larutan garam fisiologi sering digunakan oleh banyak orang, karena keefektifannya dengan cepat meredakan hidung tersumbat. Larutan garam fisiologi memiliki sifat antibakteri dan pembersihan, sehingga bisa membantu untuk meningkatkan kelembapan pada saluran hidung dan membantu mengencerkan lendir. Menenangkan Kapiler di sinus dan juga membantu mengurangi pembengkakan.

Kamu bisa membeli obat tetes hidung larutan garam fisiologi di apotek dan membawanya di tas atau saku jika kamu sering mengalami hidung tersumbat.

2. Cara meredakan hidung tersumbat dengan metode uap

Metode uap merupakan cara alami yang efektif untuk meredakan hidung tersumbat, langkah menggunakan metode uap saat hidung tersumbat adalah sebagai berikut:

Siapkan mangkuk kecil dan isi menggunakan air panas, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial lavender atau minyak kayu putih untuk meningkatkan efektivitas metode uap ini.

Kamu gunakan handuk besar untuk menutupi kepala agar uapnya naik ke hidung, hindari menempatkan wajah dan hidung kamu terlalu dekat dengan air panas pada mangkok untuk menghindari uap panas dan air terkena kulit wajah dan menyebabkan kulit terbakar.

Metode ini juga bisa kamu lakukan 2-3 kali seminggu jika kamu sering mengalami hidung tersumbat dan menderita rinitis persisten.