2 Pilihan Cara Print Bolak Balik PDF Paling Mudah

2 Pilihan Cara Print Bolak Balik PDF Paling Mudah

Pada dasarnya cara print bolak balik PDF sangatlah mudah. Sama halnya ketika Anda ingin print tulisan dalam format word. Maksudnya sama mudahnya, bukan sama caranya. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah seperti apa langkah riilnya?

Seperti yang sudah diketahui, print bolak balik memiliki banyak sekali keuntungan. Keuntungan yang paling jelas terlihat adalah Anda bisa menghemat kertas. Dengan kata lain, budget untuk membeli kertas bisa dihemat hingga 50%.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu cara print bolak balik ini. Terlebih lagi untuk file dengan format PDF. Nah, untuk melakukannya, ada beberapa pilihan cara yang bisa dipilih. paling tidak ada dua pilihan cara.

Print Bolak Balik PDF secara Manual

Print bolak balik PDF yang pertama adalah dengan cara manual. Manual dalam artian Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja seperti aplikasi Adobe Reader.

Nah, untuk Anda yang ingin memilih cara print bolak balik PDF secara manual, berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus Anda lalui:

  1. Buka file PDF yang ingin Anda print. Setelah itu, tekan tombol CTRL + P atau klik icon Print yang ada di pojok kanan
  2. Selanjutnya klik More Setting >> Print using system dialog. Setelah itu akan muncul pengaturan print. Kemudian pilih printer yang digunakan lalu klik Preferences.
  3. Setelah Anda mengklik Preferences, selanjutnya akan muncul Printing Preferences. Pilih menu Print on Both Sides.
  4. Selanjutnya pilih diantara Flip on Short Edge atau Flip on Long Edge. Dalam hal ini sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lalu klik OK dan akhiri dengan mengklik Print.

Print Bolak Balik PDF menggunakan Adobe Reader

Selain menggunakan cara manual seperti di atas, cara print bolak balik PDF juga bisa menggunakan bantuan aplikasi. Dalam hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi Adobe Reader. Nah, untuk langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  1. Cari file PDF yang ingin Anda print bolak balik. Setelah itu klik kanan pada file PDF dan pilih Open With >> Adobe Reader.
  2. Setelah file PDF terbuka, klik File yang ada di menu bagian atas pojok kiri. Kemudian pilih Print. Lalu klik Page Setup yang berada di pojok kiri bawah.
  3. Lanjutkan dengan memilih size kertas Anda juga bisa mengatur orientasi kertas juga. Apakah landscape atau portrait. Setelah selesai, klik OK.
  4. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik More Options yang ada di bagian Pages to print. Lalu pilih saja Odd Pages Only yang ada di Odd or Even Pages. Fungsinya adalah untuk mencetak halaman-halaman ganjil. Setelah itu klik Print.
  5. Nah, setelah proses print selesai, balik kertas ke bagian yang masih kosong dan masukkan ke printer kembali. Kemudian kembali lagi ke Adobe Reader lalu klik Ctrl + P.
  6. Selanjutnya klik More Options >> Even pages only lalu centang reverse pages. Fungsinya adalah untuk mencetak halaman-halaman yang genap. Sebab sebelumnya hanya halaman-halaman yang ganjil saja yang baru di- Kemudian akhiri dengan mengklik Print.

Jadi itulah dua pilihan cara print bolak balik PDF termudah yang bisa Anda pilih. Atau jika ingin mencoba pilihan cara lainnya, neotekno.com adalah pusat informasi yang bisa Anda akses. Bagaimana, sudah siap mempraktikkan cara print bolak balik PDF di atas?