3 Cara Screenshot di Laptop Windows Paling Mudah dan Praktis

3 Cara Screenshot di Laptop Windows Paling Mudah dan Praktis

Bagi yang aktivitas kesehariannya sering menggunakan laptop tentunya melakukan screenshot layar bukanlah sesuatu hal yang baru. Screenshot ini juga sering digunakan untuk berbagai keperluan, misal presentasi, atau untuk dibagikan ke orang lain melalui media sosial.

Namun tak semua orang tahu cara screenshot di laptop atau komputer. Kali ini kami akan bagikan cara mudah untuk screenshot di laptop dan PC yang dilansir dari situs efyei.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Dalam melakukan screenshot ini untuk setiap laptop yang menggunakan sistem operasi windows dari windows XP, windows Vista, Windows 7, windows 8 sampai windows 10 mempunyai cara dasar yang sama.

Meskipun begitu di setiap sistem operasi Windows ini juga memiliki cara lain yang berbeda. Dibawah ini adalah cara screenshot di laptop windows yang mudah untuk diikuti.

Screenshot di Laptop dengan Tombol Printscreen

Cara melakukan screenshot di laptop yang hanya menggunakan 1 tombol dengan mudah yaitu dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc).

Agar lebih jelas lagi cara screenshot dengan menggunakan satu tombol ini,maka bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan tampilan layar yang akan di screenshot
  • Setelah itu tekan tombol ‘Prt Sc’ yang ada di keyboard. Letak tombol ini biasanya ada di bagian paling atas keyboard laptop. Dan untuk posisinya tombol ini berada di deretan pojok kanan atas.
  • Langkah selanjutnya yaitu dengan membuka aplikasi ‘Paint’ bawaan windows. Kemudian tekan menu ‘paste’ atau bisa juga tekan ‘ctrl + v’. Selain itu kamu juga bisa melakukan ini dengan cara klik kanan di mouse atau mouse pad, selanjutnya pilih paste.
  • Dan untuk hasil layar yang sudah kamu screenshot tersebut bisa langsung terlihat di paint. Kemuduian jika kamu akan menyimpannya pilih menu File lalu Save As. Setelah itu pilih JPEG.Untuk pemilihan format ini selain menggunakan JPEG, kamu juga bisa pilih format gambar yang lain misalnya JPG.

Namun ada yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan screenshot (ss) dengan menggunakan paint. Dan tidak semua laptop bisa melakukan cara ini. Karena adapula yang harus mengkombinasikan tombol Prt Sc dan tombol yang lain.

Menggunakan Tombol Windows + Prt Sc

Cara screenshot ini sudah bisa kamu terapkan mulai dari windows XP eksis. Meskipun sudah tidak update lagi ternyata cara ini juga masih bisa kamu gunakan di windows 7, windows vista, windows 8, windows 8.1 hingga windows 10.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Langkah pertama dengan tekan Logo Windows + Print Screen (Prt Sc) dengan cara bersamaan di keyboard komputer
  • Jika sudah maka layar pada laptop atau komputer akan berkedip sebentar. Ini menunjukkan bahwa proses screenshot yang kamu lakukan sudah selesai.
  • Dan untuk gambar hasil screenshot ini sudah tersimpan secara otomatis di folder picture laptop. Atau lebih etapnya di C:\Users\[nama user]\pictures \screenshot

Menggunakan Snipping Tool

Di sistem operasi windows ini ada aplikaasi vawaan aynag dunamakan dnegan Snipping Tool. Manfaat darai apalikasi ini yaitu untuk melakukan screenshot di komputer serta membuat anotasinya.

Agar kamu bisa menggunakan aplikasi ini maka kamu juga perlu membuka terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan memanggil melalui Cortana (windows 10). Atau bisa juga dengan klik start lalu ketik ‘snipping tool’.

Jika aplikasi sudah terbuka selanjutnya klik New lalu pilih area screenshot yang dipilih. Jika sudah maka kamu langsung bisa menyimpannya atau jika merasa kurang puas maka kamu bisa melakukan screenshot ulang.