Contoh Kegiatan Mahasiswa

Contoh Kegiatan Mahasiswa

Dalam dunia perkuliahan, Anda akan dihadapkan pada hal-hal yang baru, termasuk unit kegiatan mahasiswa (UKM). UKM ini merupakan sebuah wadah yang menjadi tempat berhimpunnya mahasiswa dengan kesamaan minat, hobi, kegiatan dan kreativitas.Melalui UKM ini, Anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar kegiatan belajar di kelas.

Terdapat berbagai macam contoh kegiatan mahasiswa yang bisa Anda ikuti sesuai dengan keinginan Anda.Setiap kampus tentunya memiliki UKM yang berbeda-beda.Namun, terdapat beberapa UKM yang secara umum dimiliki oleh seluruh kampus.Beberapa diantaranya yaitu Olahraga, student exchange, himpunan mahasiswa jurusan, dan lain sebagainya.

UKM ini hadir dengan berbagai manfaat untuk mahasiswa.Artinya, UKM ini tidak dibuat sembaranga oleh pihak kampus. Nah, berikut ini manfaat dari mengikuti UKM:

  • Melatih kemampuan dalam menjalani hubungan sosial
  • Mengembangkan keterampilan dan kemampuan di bidang tertentu yang disesuaikan dengan ketertarikan dan bakat yang Anda miliki
  • Memperluas pertemanan
  • Melatih kemampuan berkomunikasi
  • Mengasah kemampua berorganisasi
  • Melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa
  • Meningkatkan kemampuan dalam menangani dan memecahkan masalah dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya manfaat dari UKM, mahasiswa diharapkan berperan aktif dalam UKM.Mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan belajar di luar kelas dengan bagi melalui UKM.Seperti yang dijelaskan diatas, Anda juga bisa memperluas pertemanan. Bahkan hingga sampai luar negeri, salah satu contoh kegiatan mahasiswa tersebut yaitu dengan mengikuti students exchange.

Dengan mengikuti student exchange, Anda tidak hanya memiliki teman hingga keluar negeri, Anda juga diberik kesemapatan untuk mengenyami bangu kuliahan disana. Tentunya dengan berbagai proses seleksi yang ketat. Selain itu, melalui kegiatan mahasiswa ini mahasiswa juga dilatih dalam membuat acara. Pasti setiap tahun akan ditemukan kesempatan suatu UKM mengadakan sebuah acara.

Nah, peran Anda sebagai anggota UKM tersebut tentunya mewujudkan dan mensukseskan acara tersebut. Dalam suatu acara atau kegiatan, hal pertama dan merupakan hal yang paling penting yakni membuat proposal kegiatan.Pasti Anda pernah membaca contoh proposal kegiatan di website bukan? Bagaimana menurut Anda tentang proposal kegiatan?

Apakah contoh proposal kegiatan tersebut cukup untuk menjadi pedoman Anda dalam membuat proposal kegiatan yang sebenarnya?Pada dasarnya membuat proposal kegiatan tidak terlalu rumit.Asalkan Anda mengerti cara-cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar. Lantas bagaimana cara membuat proposal kegiatan acara?

Sebelum Anda  mengetahui cara membuat proposal, terlebih dahulu Anda ketahui apa tujuan proposal. Tujuan pembuatan proposal kegiatan acara yaiti agar bisa mendapatkan persetujuan dari pihak yang berkepentingan terhadap acara untuk diajak bekerja sama dan pengajuan permohonan dana bantuan untuk melancarkan kegiatan acara. Berikut ini cara menulis proposal kegiatan:

  • Pertama, buatlah judul proposal. Buatlah judul proposal yang menarik, sehingga para pihak yang terkait bisa tertarik untuk menyumbangkan segenap dana untuk acara yang akan diselenggarakan.
  • Kedua, pendahuluan. Pada bagian pendahuluan terdapat sub bab pendukung seperti latar belakang kegiatan, serta tujuan kegiatan. Latar belakang ini merupakan alasan dasar kenapa kegiatan tersebut perlu untuk diselenggarakan. Sedangkan tujuan kegiatan ialah hasir dari kegiatan acara yang diharapkan.
  • Ketiga isi proposal kegiatan. Bagian ini merupakan kegiatan terpenting dari proposal. Sebab, isi proposal ini berisi tema, macam-macam kegiatan, peserta yang terlibat, peralatan yang dibutuhkan, waktu dan tempat kegiatan, susunan acara dan panitian, serta anggaran perikaraan dana yang dibutuhkan.
  • Terakhir penutup. Untuk proposal kegiatan, pada bagian pernutuh tambahkan harapan serta dukungan yang diberikan kepada pihak terkait.