5 Efek Samping Antibiotik Jika Dikonsumsi Berlebihan

5 Efek Samping Antibiotik Jika Dikonsumsi Berlebihan

Setiap obat tentu saja memiliki efek samping didalamnya. Seperti juga antibiotik. Walaupun demikian efek samping antibiotik berbeda untuk setiap orang tergantung dari tipe serta golongan antibiotiknya.

Efek samping yang ada bisa mulai dari yang ringan mauapun berat. Dibawah ini kami infokan beberapa efek samping antibiotik yang bisa terjadi.

1. Gangguan pencernaan

Efek samping yang pertama dan paling sering terjadi yaitu berupa gangguan pencernaan. Untuk gejala-gejala yang muncul seperti diare, mual, muntah serta kram perut.

2. Reaksi alergi

Untuk reaksi alergi ini memang jarang terjadi. Akan tetapi sekali muncul reaksi alergi ini biasanya berat serta berbahaya.

3. Infeksi jamur

Penggunaan antibiotik juga akan berpengaruh pada penurunan bakteri baik yang ada dalam tubuh. Saat bakteri baik menjadi berkurang maka jamu juga menjadi mudah tumbuh. Infeksi jamur ini akan muncul seperti sariawan di mulut yang dinamakan juga dengan kandidiasis oral.

4. Sensisitif terhadap cahaya

Kemudian efek samping lainnya pada penggunaan antibiotik tertentu seperti golongan tetrasiklin bisa menyebabkan kita menjadi sensitif terhadap cahaya.

5. Perubahan warna gigi

Ada juga jenis antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin bisa membuat perubahan warna pada gigi yang bersifat permanen. Ini terjadi apabila diberikan pada anak yang usianya dibawah 8 tahun.

Itulah beberapa efek samping antibiotik. Untuk mengurangi resiko tersebut maka pastikan kamu juga mengonsumsinya sesuai dengan resep dokter.