Ekosistem Air Beserta Organisme yang Ada di Dalamnya

Ekosistem Air Beserta Organisme yang Ada di Dalamnya

Tahukah Anda apa organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air? Nah, bagi Anda yang belum tahu, disini penyaring air Neco filter akan memberikan informasinya kepads Anda. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu apa yang dinamakan ekosistem air. Jadi, apa yang dinamakan ekosistem air yang sebenarnya?

Pada dasarnya ekosistem bisa terjadi di mana saja. Salah satunya ialah ekosistem air. Ekosistem sendiri merupakan interaksi antara makhluk hidup dengan benda-benda tak hidup di lingkungannya. Ekosistem juga dipahami sebagai suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Sementara itu, ekosistem air adalah ekosistem yang mana faktor lingkungan eksternalnya sebagian besar adalah air.Air disini berperan sebagai habitat dari berbagai macam organisme air. Jadi ciri-ciri dari ekosistem air ini adalah lingkungan yang didominasi oleh perairan.Tidak hanya itu saja, ciri-ciri lain dari ekosistem air adalah cahaya matahari yang terbatas.

Ekosistem air ini terdiri 2 komponen yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik yaitu komponen yang terdiri dari makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai makhluk hidup. Komponen biotik ini terdiri dari dua jenis organimes, yaitu organisme autotrof dan organisme hetereotrof. Berikut ini penjelasan kedua organisme yang dapat penyaring air Neco filter berikan kepada Anda.

Komponen Biotik

  • Organisme Autotrof

Organisme autotrof merupakan organisme yang mampu membuat atau mensitetis makanannya sendiri dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis. Organisme ini berperan sebagai produsen.Jadi dapat disimpulkan bahwa organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah organisme autotrof. Contoh dari organisme ini yaitu tumbuhan air.

Hal ini dikarenakan tumbuhan adalah organisme yang mengandung klorofil. Namun, tahukah Anda selain tumbuhan ada juga organisme yang berperan sebagai produsen kedua. Organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah fitoplankton.

  • Organisme Heterotrof

Organisme heterotrof merupakan organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Organime ini memanfaatkan berbagai bahan organik dari organisme lain sebagai makanannya. Terdapat tiga tingkat organisme heterotrof yaitu konsumen, pengurai, dan detrivitor. Konsumen yaitu organisme yang secara langsung memakan organisme lain.

Pengurai yaitu organisme yang mendapatkan makanan dari pengurai organisme mati. Sedangkan detrivitor merupakan pemakan partikel organik atau jaringan yang telah membusuk, contohnya lintah dan cacing.

Demikian informasi mengenai komponen biotik. Setelah Anda mengetahui apa itu kompoen biotik, kini saatnya Anda mengetahui apa yang dinamakan komponen abiotik. Komponen abiotik merupakan komponen yang berkebalikan dengan komponen biotik. Komponen abiotik merupakan komponen yang terdiri dari benda-benda yang tidak hidup.

Namun, keberadaan komponen ini mempunyai pengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup yang ada di lingkungan ekosistem air.Jadi, yang termasuk komponen abiotik adalah cahaya matahari, batu, udara atau oksigen, dan suhu. Sama seperti ekosistem darat, ekosistem air juga memiliki tipe atau jenis. Berikut ini jenis-jenis ekosistem air yang dapat Anda ketahui

Macam-Macam Ekosistem

  • Ekositem Air Tawar

Ekosistem air tawar atau biasa disebut dengan ekosistem sungai merupakan ekosistem yang berada di lingkungan sunagai.Mengapa disebut ekosistem air tawar? Disebut sebagai ekosistem ekosistem air tawar karena air yang berada di sekitar ekosistem ini mempunyai rasa yang tawar dan tidak asing seperti air laut.

  • Ekosistem Laut

Ekosistem air yang kedua yaitu ekosistem laut. Ekosistem laut merupakan jenis ekosistem yang berada di wilayah perairan laut.