Fakta Menarik Tentang Hutan Kalimantan

Fakta Menarik Tentang Hutan Kalimantan

Kalau membicarakan soal pulau Jawa siapa pun sudah pasti tahu bahwa pulau ini termasuk memiliki penduduk yang paling padat di Indonesia. Lain halnya dengan pulau lain yang masih memiliki sepi penduduk, layaknya Kalimantan.

Disebut-sebut sebagai salah satu paru0paru dunia, pulau Kalimantan memiliki hutan yang luas. Selengkapnya mengenai hutan Kalimantan akan kami bahas di artikel berikut ini.

Tentang Hutan Kalimantan

Wajar jika hutan Kalimantan dianggap sebagai hutan yang luas. Angka keluasannya mencapai 40,8 juta hektar. Di samping luasnya Hutan Kalimantan, ternyata ia memiliki efek samping berupa laju deforestasi yang tinggi.

Dikutip oleh data Departemen Kehutanan, angka deforestasi pada hutan Kalimantan mencapai 1,23 juta hektar dalam kurun waktu 5 tahun, yakni pada 2000 – 2005 saja. Bisa dikatakan sebanyak 673 hektar hutan di Kalimantan mengalami deforestasi setiap hari.

Dikutip pula oleh Green Palace, bahwa hutan di Kalimantan pada tahun 2010 hanya tersisa 25,5 juta saja. Adapun data yang dikeluarkan oleh FAO menyatakan bahwa pada tahun 2000 – 2005 deforestasi hutan Kalimantan kisaran 1,8 juta hektar.

Hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan laju kerusakan tercepat di dunia. Memang, sebuah prestasi yang sangat tidak layak untuk dibanggakan. Kalau menghitung angka penyebab deforestasi hutan di Indonesia sangat banyak penyebabnya.

Seperti halnya kehadiran hutan industri kayu yang justru kian mempersempit hutan alami.