Calon Ibu Jangan Panik! Inilah Gejala Awal Kehamilan yang Wajib Anda Tahu

Calon Ibu Jangan Panik! Inilah Gejala Awal Kehamilan yang Wajib Anda Tahu

Bagi calon ibu, mengetahui gejala awal kehamilan dinilai penting. Namun, terkadang calon ibu kurang peka. Berkenaan dengan hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir, berikut akan disajikan gejala awal kehamilan yang perlu Anda ketahui.

 

Cara  Menghitung Siklus Mentruasi untuk Menghitung Awal Kehamilan

Bisa dibilang menghitung siklus mentruasi penting untuk menghitung awal kehamilan. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Catat tanggal awal mentruasi setiap bulannya.
  2. Gunakan alat tes kesuburan.
  3. Amati siklus ovulasi dengan memperhatikan tekstur cairan.

 

3 Gejala Awal Kehamilan yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Tentunya, perhitungan awal kehamilan tidak hanya diketahui dari siklus mentruasi saja. Berikut adalah 3 gejala awal kehamilan yang wajib diketahui calon ibu.

 

  1. Mual Disertai Muntah (Morning Sickness)

Bukan rahasia lagi, umumnya di awal kehamilan akan mengalami mual disertai muntah (morning sickness). Gejala ini terjadi di minggu pertama kehamilan sampai dengan minggu kesembilan.

 

  1. Perut Terasa Kembung Berlebihan

Di awal kehamilan perut akan terasa kembung berlebihan bahkan mengganggu sistem pencernaan. Hal tersebut terjadi karena dalam tubuh calon ibu terjadi perubahan hormon.

 

  1. Kram Perut

Selain perut kembung, di awal kehamilan calon ibu akan mengalami kram perut. Umumnya, kram perut disertai bercak darah. Perlu diketahui, bercak darah tersebut dinilai wajar.

 

Selain 3 gejala awal kehamilan tersebut, ada gejala lainnya yaitu perubahan pada payudara. Pastikan, Anda berkonsultasi dengan dokter supaya kesehatan ibu dan janin terjaga.