Jangan Menyepelekan Rumput Jarum, Berikut Manfaatnya

Jangan Menyepelekan Rumput Jarum, Berikut Manfaatnya

Rumput jarum atau yang seringkali disebut rumput teki ini merupakan alah satu jenis rumput liar. Oleh karena itu, kehadirannya terkadang dianggap sebagai pengganggu dan akhirnya dibuang oleh sebagian masyrakat. Dalam kata lain, tanaman ini digolongkan sebagai tanaman gulma. Pada daerah kering ataupun basah, tanaman ini bisa beradaptasi dengan baik karena sifatnya yang adaptif.

Padahal, rumput jarum ini mempunyai beragam manfaat. Salah satunya bisa dijadikan sebagai pakan ternak. Tidak semua jenis rumput liar dapat dijadikan pakan ternak untuk hewan ternak. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa jenis rumput liar yang justru berbahaya dikonsumsi oleh hewan ternak. Lantas mengapa tanaman liar ini dapat dijadikan sebagai pakan ternak?

Tanaman ini dapat dijadikan pakan ternak dikarenakan rumput jarum memiliki kandungan nutrisi yang cocok untuk hewan ternak. Tidak hanya bermanfaat untuk hewan ternak saja, rumput liar ini juga bermanfaat untuk tubuh manusia. Salah satu khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan luka. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mengompreskan rumput yang telah ditumbuk ini pada bagian yang terluka, dengan begitu luka akan sembuh. Kemudian khasiat yang kedua yaitu rumput jenis ini mampu membantu meredakan nyeri haid. Caranya, minumlah air rebusan rumput jarum. Namun, pastikan untuk menyaring air rebusan tersebut terlebih dahulu agar nantinya rumput liar tersebut tidak ikut tertelan.