Keindahan Pulau Mursala

Keindahan Pulau Mursala

Pulau Mursala atau Mansalaar Island merupakan salah satu pulau paling besar yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini letaknya di barat daya kota Sibolga bahkan masuk pada salah satu wilayah Kecamatan Tapian Nauli. Pulau ini sendiri merupakan salah satu pulau yang letaknya ada diantara Pulau Sumatera dan juga Pulau Nias.

Pulau Mursala ini memiliki luas kurang lebih 8.000 hektar serta mampu ditempuh selama kurang lebih 1 jam menggunakan kapal cepat dari Sibolga. Pulau ini sendiri dihuni sekitar kurang lebih 60 KK dan juga dikelilingi dengan berbagai pulau kecil yang tidak memiliki penghuni. Di tempat ini juga terdapat salah satu wisata alam yang cukup unik dan juga indah yaitu Air Terjun Pulau Mursala yang menjadi salah satu air terjun di dunia yang langsung terjun ke laut.

Di sekitar Pulau Mursala sendiri juga ada banyak pulau indah yang bisa dikunuungi. Bahkan di pulau ini juga ada beberapa laguna dengan pantai pasir putihnya yang akan menyatu dengan Pulau Silabu Na Godang dan juga Pulau Kalimantung Na Menek. Bahkan ada beberapa perairan air dangkal dengan beberapa aneka terumbu karang serta ikan hias yang ada di sekitar pulau ini sendiri.

Ada sejarah menarik yang bisa ditemukan di Pulau Mursala ini sendiri salah satunya adalah kisah tentang Putri Runduk yang cukup dikenal di sepanjang pesisir barat Sumatera Utara.