Yuk Kenalan Dengan Chairul Tanjung     

Yuk Kenalan Dengan Chairul Tanjung     

 

Siapa yang tidak kenal dengan Chairul Tanjung? Bagi orang yang bergelut di dunia bisnis tentunya sudah tidak asing lagi saat mendengar nama beliau. Chairul Tanjung adalah salah satu pebisnis yang sukses di Indonesia. Kisah sukses Chairul Tanjung membuat beliau mempunyai banyak track record yang luar biasa memuaskan dalam dunia bisnis.

 

Bukan hanya menjadi salah satu orang paling sukses di Indonesia saja, namun Chairul Tanjung juga mempunyai beberapa bisnis dengan skala besar yang tentunya mempunyai pengaruh bagi perekonomian Indonesia. Apalagi dengan bisnis skala besar tersebut, sudah berapa banyak orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan berkat bisnis beliau? Sangat banyak sekali.

 

Karena kisah suskesnya dalam berbisnis, membuat Chairul Tanjung sering dijadikan panutan bagui para anak mudah yang ingin belajar bisnis. Beliau memang pandai dalam berbisnis. Karena itulah pada era Susilo Bambang Yudhoyono, Chairul Tanjung pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kisah sukses Chairul Tanjung tidak terlepas dari masa kecilnya yang justru bukan berasal dari keluarga yang kaya. Memang Chairul Tanjung bukan orang yang privileged. Keluarganya berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya bekerja sebagai wartawan di perusahaan media kecil pada saat orde lama. Tak lama kemudian perusahaan tersebut ditutup dan ayahnya tidak bekerja.

 

Tentunya keadaan keluarga Chairul Tanjung menjadi lebih memprihatihkan saat sang ayah tidak bekerja. Belum lagi ditambah gejolak politik pada saat itu yang mengkhawatirkan. Akhirnya sang ayah menjual rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup harian. Keluarga Chairul Tanjung tinggal di losmen sederhana dengan harga murah.

 

Meskiopun hidup dalam kekurangan, namun Chairul Tanjung tidak pernah patah semangat dalam bersekolah. Karena beliau pintar dalam pelajaran, maka tidak heran jika Chairul Tanjung dapat menlanjutkan Pendidikan di Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia. Pada saat kuliah, jiwa bisnis dari dalam diri Chairul Tanjung mulai bergejolak.

 

Semasa beliau kuliah, dia kerap mencoba berjualan. Mulai dari menjual buku kuliah, kaos, bahkan membuka jasa fotokopi. Karena Chairul Tanjung tidak malas-malasan dalam berjualan, dia mendapatkan penhargaan Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional. Setelah inilah beliau mulai menekuni dunia bisnis dengan lebih serius.

 

Saat sudah lulus kuliah, Chairul Tanjung sempat mencoba bisnis alat Kesehatan namun ternyata gagal. Apakah beliau menyerah? Tentu saja tidak. Dengan semangatnya yang tinggi, beliau mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama 3 orang teman dekatnya. Perusahaan bergerak dalam bidang ekspor, tepatnya ekspor sepatu untuk anak-anak.

 

Dengan modal 150 juta, Chairul Tanjung mencoba mempertahankan bisnis tersebut. Perusahaan ini menjadi terus berkembang dengan banyaknya pesanan yang tak hentinya dating dari berbagai negara. Yang awalnya negara Eropa sebagai terget bisnis perusahaan ini, kemudian merambah ke negara-negara lain.

Saat perusahaan ini sudah mapan, Chairul Tanjung memilih untuk berpisah dengan teman-temannya. Beliau ingin mendirkan bisnis sendiri. Kemudian Chairul Tanjung membuat perusahaan Para Inti Holdindo yang mempunyai tiga anak perusahaan yang bergerak dalam bidang yang berbeda yaitu bidang property, bidang keuangan, serta bidang investasi dan media.

 

Kisah sukses Chairul Tanjung memang patut kita apresiasi. Tidak ada salahnya untuk memulai berbisnis sekarang, meskipun Anda sempat mengalami keraguan. Salah satu ide bisnis yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan pabrik maklon minuman sebagai distributor Anda untuk memulai bisnis di bidang minuman.

 

Pabrik maklon minuman menyediakan berbagai macam minuman dengan harga yang terjangkau. Pastinya cocok dengan Anda yang ingin berbisnis dengan modal kecil.