3 Lagu Daerah Jawa Barat Nan Populer

3 Lagu Daerah Jawa Barat Nan Populer

Jawa Barat selalu hadirkan nuansa nyaman serta manis dengan berbagai karyanya. Provinsi yang kerap disebut Kota Kembang ini mempunyai tradisi kuat yang mengakar disetiap warganya. Kekuatan tradisi yang dimiliki juga tergambar jelas lewat lagu daerah yang populer hingga sekarang. Sebagaimana yang sudah diketahui, lagu daerah Jawa Barat memiliki bait hingga irama yang simpel serta membuat hati tentram. Penciptaan yang dimunculkan dari lagu-lagu tersebut menjadi semakin menyatu, pasalnya lagu daerah hampir sama seperti lagu nasional. Porsinya saja yang berbeda, sebab lagu daerah hanya bisa dirasakan secara sempurna oleh warga lokal. Sedangkan di Indonesia terdiri dari 33 provinsi dengan tradisi yang berbeda-beda.

Kenyataan inilah yang membuat lagu daerah Nusantara sangatlah beragam. Semua detail dan penceritaan yang diangkat dari lagu-lagu daerah selalu memuat tentang makna kehidupan hingga kegembiraan masa kecil. Menyenangkannya lagi, lagu-lagu daerah ini kerap dipopulerkan dengan style kekinian. Sebut saja, persembahan ulang tahun RI yang diberikan oleh tim kreatif Alfy Rev yang sempat viral diberbagai platform digital. Dari sini, Anda bisa menikmati rentenan lagu dari berbagai daerah yang digabungkan menjadi perpaduan nan indah. Alunan musik yang diperkaya oleh berbagai instrumen juga menambah nuansa baru yang mesti generasi Alpa nikmati secara keseluruhan. Pada akhirnya, Anda bakal sangat paham bahwa Indonesia memang bentuk tatanan multikultur yang masih bisa berdampingan dengan rukun.

Lagu Daerah Jawa Barat yang

Lagu daerah hanya satu contoh dari banyaknya kultur yang ada di Indonesia. Keragamaan ini yang mesti dijaga dengan baik sebagai bentuk warisan nenek moyang terdahulu. Sama seperti karya seni yang didominasi oleh makna, lagu daerah juga mempunyai pengartian yang serupa. Setiap detail tersebut diwujudkan menggunakan bait bahasa daerah masing-masing. Keunikan yang sama bisa Anda lihat dari deretan lagu daerah Jawa Barat yang kerap dibawakan dengan aransemen lebih hidup hingga menciptakan kesenangan lain yang menyatu dengan makna yang ingin disampaikan. Langsung saja, berikut penjelasannya:

  1. Tokecang

Lagu asal Jawa Barat pertama adalah Tokecang. Lagu tersebut diciptakan R.C. Hardjosubroto dengan nada penuh suka cita. Dari setiap bait yang ada, Anda bisa menarik pemahaman hingga pembelajaran tentang tingkah menghindari kerakusan.

  1. Manuk Dadali

Selanjutnya terdapat lagu Manuk Dadali yang menjadi pengembaran kekuatan dari Burung Garuda. Tidak heran jika setiap lirik hingga nada lagu penuh semangat sekaligus tingkat nasionalis. Lagu daerah ini dciptakan oleh Sambas Mangundikarta.

  1. Es Lilin

Lagu daerah Jawa Barat lain yang tak kalah populer ialah Es Lilin. Lagu dengan sentuhan lembut ini bercerita mengenai gadis pemalu yang bersikap waspada terhadap setiap pria yang mendekatinya.

Lagu Daerah Jawa Barat Bertemakan Cinta

Selain tiga pilihan lagu daerah Jawa Barat di atas, Anda juga bisa mendengarkan lirik yang tak kalah menenangkan lewat lagu Bubuy Bulan. Lagu daerah asal Jawa  Barat yang satu ini sering dibawakan dengan cantik oleh sinden-sinden sunda menggunakan cenggok khasnya. Dari sumber Lahana Media Anda bisa menyaksikan, bahwa lagu daerah tersebut berisikan tentang percintaan yang diekspresikan dengan baik lewat pemilihan bait. Bubuy Bulan sendiri tercipta dari tangan dingin Benny Corda yang kini kerap dibawakan oleh penyanyi profesional dengan berbagai sentuhan berbeda, tetapi makna yang ingin disampaikan tetap sampai pada pendengarnya. Bukankah lagu ini akan tetap Menarik perhatian?