Makanan Khas Daerah Jawa Tengah

Makanan Khas Daerah Jawa Tengah

Sebagai salah satu pulau dengan penduduk terpadat, Jawa terbagi menjadi 3 provinsi. Di antara 3 rpovinsi tersebut Jawa Tengah adalah lokasi yang berada di antara Jawa Barat dan Jawa Timur. Lantas, apa saja makanan khas yang ada di Jawa Tengah?

Makanan Khas Daerah Jawa Tengah

Tahu Petis

Salah satu jenis makanan yang paling khas dari daerah Jawa Tengah ialah Tahu petis. Jenis makanan yang satu ini biasanya dibuat dari bahan campuran tahu dan saus hitam. Untuk petisnya sendiri biasanya terbuat dari rebusan udang yang dimasak terus-menerus.

Nasi Gandul

Jika kamu pernah mendengar nama nasi uduk, di Jawa Tengah maksudnya adalah nasi gandul. Mengapa dinamakan nasi gandul? Tentu saja sebab penyajiannya dengan cara menggunakan daun pisang. Untuk cita rasanya sendiri nasi gandul terkenal dengan rasanya yang enak.

Dawet Ireng

Jenis makanan lain yang bisa kamu konsumsi di daerah Jawa Tengah ialah dawet ireng. Sesuai namanya, dawet ireng berwarna hitam. Inilah yang membedakan dawet khas Jawa Tengah dengan dawet lainnya. Meski berwarna hitam, rasanya tetap menyegarkan.

Nasi Grombyang

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang tidak boleh kamu lewatkan ialah nasi grombyang. Makanan yang satu ini memiliki penyajian kuah penuh hampir semangkuk sehingga namanya menjadi grombyang. Lebih uniknya lagi, daging khasnya menggunakan kerbau lho!