Makanan Khas Makassar Yang Nikmatnya Tiada Duanya

Makanan Khas Makassar Yang Nikmatnya Tiada Duanya

Kekhasan Makassar tidak hanya dari budayanya saja, melainkan juga kuliner. Terbukti dengan beraneka ragam makanan khas Makassar yang membuat seseorang begitu menggemarinya.

Dari sekian banyaknya jenis kuliner, sop konro menempati posisi terdepan. Sop ini menawarkan cita rasa yang begitu nikmat. Kemudian aromanya juga begitu kuat.

Konro sendiri terbuat dari iga sapi atau dagingnya. Iga ini diolah hingga teksturnya menjadi lebih lunak.

Dalam mengolahnya, bumbu spesial digunakan. Salah satu ciri khasnya ialah memasukkan bumbu Keluwak/Kluwek.

Ini merupakan salah satu jenis buah yang dapat mempengaruhi pada jenis olahan. Olahan ini akan menjadi lebih berwarna hitam kecokelatan.

Justru, warna inilah yang membuat sop konro tampak lebih spesial. Apalagi ditunjang dengan bumbu rempah pilihan.

Rempah-rempah ini menambah aroma. Bahkan, menguatkan rasa sehingga lidah serasa bergoyang ketika menikmatinya.

Sejatinya, konro ini termasuk hidangan berkuah. Tetapi, ada juga yang mengolahnya dalam keadaan kering.

Salah satunya dengan cara dibakar. Konro bakar pun cukup menjanjikan. Mirip seperti ketika seseorang akan mengolah sate. Hanya saja, konro ini akan dibuatkan kuah lagi secara terpisah.

Hanya saja, bumbu yang digunakan lebih lengkap. Penyematan bumbu inilah yang membuatnya beda dengan hidangan lain. Bahkan, cita rasanya jauh lebih nikmat.

Untuk menikmatinya, konro sendiri biasanya dihidangkan bersamaan dengan nasi, ketupat atau burasa. Ini merupakan paket lengkap yang dapat mengenyangkan. Tentunya tanpa melepas sisi kenikmatan yang membuat orang ketagihan.