Masjid At Tin Dan Kemegahannya

Masjid At Tin Dan Kemegahannya

Di Jakarta, selain masjid istiqlal, terdapat beberapa masjid lagi yang tidak kalah untuk dkunjungi. Salah satunya ialah Masjid At Tin. Masjid ini terletak di Jalan Taman Mini, Jakarta Timur. Bangunan ini merupakan peninggalan keluarga bapak Soeharto. Beliau merupakan bapak Presiden yang kedua Republik Indonesia.

Di namakan at tin karena terinspirasi dari Surah At Tin yang mana memiliki suatu harapan. Masjid ini diharapkan bisa menjadi oase spiritual dan memberikan pencerahan intelektual. Selain terinspirasi dari Surah At Tin, Masjid At Tin ini sebenarnya juga merupakan upaya untuk mengenang jasa-jasa istri Pak Soeharto. Beliau bernama ibu Tien Soeharto.

Masjid At Tin ini dirancang oleh pasangan arsitek anak dan ayah. Mereka bernama Fauzan Noe’man dan Ahmad Noe’man. Mereka merancang bangunan masjid ini menjadi masjid yang megah, indah, dan modern. Bagaimana tidak, struktur bangunan masjid ini dibangun layakna sebuah masjid Ustmaniah yang berlokasi di Turki.

Sementara bangunanna sendiri bernuansa eropa yang mana memiliki kubah tunggal yang berukuran raksasa. Selain itu, masjid ini juga memiliki empat menara tinggi. Akan tetapi tentu saja para arsitek tidak mengesampingkan sentuhan khas Indonesia ke dalam masjid tersebut. Sentuhan khas Indonesia ini muncul pada bentuk ornament di seluruh dindin masjid.

Masjid At Tin ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat sholat, tempat wudhu dan toilet, ruang rapat kecil, perpustakaan, ruang audiovisual, hingga ruang internet.