5 Manfaat Selalu Mengingat Kematian Setiap Waktu

5 Manfaat Selalu Mengingat Kematian Setiap Waktu

Pada dasarnya, tidak ada manusia yang dapat hidup dengan kekal di muka bumi ini. Baik tua maupun muda tidak akan mengetahui kapan mereka akan bertahan hidup di dunia ini. Kondisi tubuh yang sehat pun tidak bisa menjadikan jaminan seseorang untuk menghindari yang mananya kematian.

Mengingat Kematian Menjadi Hal yang  Penting bagi Umat Manusia

Dalam menjalani kehidupan, kita harus selalu mengingat Allah SWT. Salah cara untuk mengingatkan Allah selain sholat fadhu lima waktu, kematian juga menjadi salah satu hal yang bisa mendekatkan diri kita lebih dekat kepada Allah SWT. Perintah untuk selalu mengingat akan kematian ini juga dijelaskan dalam HR. An Nasi Tirmidz dan Ibnu Majah yang memerintahkan untuk selalu mengingat akan pemutus kelezatan yaitu kematian. Bagi orang yang selalu mengingat kematian setiap saat, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa orang tersebut adalah orang yang paling cerdas.

Manfaat Selalu Mengingat Kematian

Kematian adalah sebuah ketetapan yang harus dijalani  oleh setiap orang. Kematian ini juga menjadi salah satu fase kehidupan baru yang akan dijadikan tempat bagi setiap manusia untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya selama di dunia. Oleh karena, selama di dunia harus selalu berbuat dan beramal baik sesuai dengan tuntunan islam. Selain itu, kita semua harus mengingat akan kematian karena ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh jika selalu mengingat kematian, yaitu :

  1. Merupakan sebuah ibadah

Mengingat sebuah kematian merupakan salah satu bentuk ibadah. Ini akan membuat kita semua akan senantiasa bertaubat atas segala kesalahan yang diperbuat dan selalu menyesali segala macam kesalahan-kesalahan yang dilakukan setiap hari. Mengingat kematian juga menjadi salah satu amal shalih yang akan mendapatkan ganjaran yang besar dari Allah SWT.

  1. Menjauhkan perbuatan zalim

Setiap orang yang selalu mengingat akan kematian akan terhindar dari pebuatan zalim. Hakl ini karena kita semua akan  mengetahui apabila apa yang sudah dilakukan semua akan dipertanggungjawabkan suatu hari nanti di akhirat nanti.

  1. Membuat kualitas hidup menjadi lebih baik

Nabi Muhammad SAW bersabda yang meminta umatnya untuk lebih memperbanyak mengingat kematian karena apabila seseorang yang selalu mengingat kematian, maka kita akan merasa lapang dan tidak akan pernah tertipu dengan dunia yang membuat lalai terhadap urusan akhirat.

  1. Membuat kusyuk ibadah

Salah satu cara untuk membuat lebih khusyuk dalam beribadah adalah dengan mengingat kematian. Ini juga tercurahkan dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang di dalamnya mengingatkan akan kematian di dalam sehat karena itu merupakan hal yang akan membuat ibadah menjadi lebih khusyuk.  Selain itu juga bisa semakin memperbagus ibadah.

  1. Mendorong kita semua untuk selalu memantaskan diri dan berubah menjadi baik untuk kehidupan di akhirat kelak

Pada dasarnya, setiap orang ingin meninggal dunia dalam keadaan husnul Khatimah dan bisa terlepas dari siksa kubur yang berat. Selain itu, mereka ingin dibangkitkan dalam keadaan baik kelak. Maka dari itu, kita semua diwajibkan untuk selalu mengingat kematian dan juga berbagai peristiwa yang akan dilalui setelah kematian. Dengan begitu kita semua akan lebih terdorong untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan terus menerus memperbaiki diri

Ketika ada kerabat meninggal dunia, maka sebagai seorang sesama muslim harus peduli. Kita harus membantu menyiapkan segala keperluannya. Salah satunya keranda jenazah yanng menjadi salah satu barang yang vital. Untuk mendapatkan keranda yang berkualitas maka Anda bisa cek di link berikut ini https://jualkerandaambulance.com/