Mengulik Kisah Putri Jembersari, Cerita Rakyat Di balik Asal Usul Kota Jember

Mengulik Kisah Putri Jembersari, Cerita Rakyat Di balik Asal Usul Kota Jember

Lekat dengan mitos dan cerita rakyat, itulah yang banyak ditemukan di dalam sejarah kota kota Indonesia. Tak terkecuali kota jember, yang ternyata memiliki keterkaitan dengan cerita kisah putri Jembersari. Karena memiliki kisah yang menarik, asal usul kota jember pun wajib Anda kenali. Berikut ulasan singkatnya.

Sebuah Nama Unik Dan Misterius

Pada dasarnya, tidak ada yang tahu pasti arti dan asal mula nama Jember. Asumsi pun mulai membanjiri karena dapat dikaitkan dengan berbagai bahasa lokal. Seperti bahasa jawa yang didapat dari kata Jembrek atau kotor. Ada pula yang berasumsi dasar nama dari bahasa Madura yang berasal dari kata Jembher. Artinya sendiri luas karena memiliki daerah yang besar.

Kisah Putri Jembersari

Meski demikian, kisah Jembersari menjadi ide sejarah dan cerita rakyat yang cukup layak disorot. Hal ini karena nama dari putri cantik nan jelita dari wilayah pesisir laut selatan tersebut dikenal sebagai Jember. Putri ini lantas berpindah ke daerah dekat telaga dan menjadi pemimpin desa dengan nama Endang Ratnawati.

Dengan kemampuan, pengetahuan, dan kebijaksanaannya, dia menjadi pemimpin yang tangguh. Namun, suatu ketika kepala perampok yang hendak meminangnya ditolak dan berakhir dengan peperangan. Di saat itulah, putri cantik ini tewas. Yang kemudian namanya diabadikan sebagai nama wilayah, Jember.

Jika melihat dari kisah Jembersari dan pemahaman orang nama ini cukup unik untuk digali. Terutama mengingat bagaimana definisi ini muncul karena banyaknya sumber yang memberi gagasan arti. Karena itu, menggali kisah putri Jembersari bisa menjadi panutan ide sejarah yang lebih jelas. Apalagi cerita rakyat ini cukup disegani oleh rakyat Jember.