Jalur Pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso untuk Pemula

Jalur Pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso untuk Pemula

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang tidak hanya baik untuk tubuh tapi baik untuk jiwa dan kesegaran pikiran. Kegiatan pendakian gunung ini juga merupakan sebuah hiburan yang baik. Walaupun demikian pendakian gunung bukanlah sebuah hiburan yang bisa dilakukan sembarangan karena ada banyak masalah yang mungkin terjadi pada saat mendaki gunung dan beberapa diantara masalah ini bisa mengancam keselamatan bahkan nyawa seseorang.

 

Untuk pemula dianjurkan untuk mendaki gunung di area yang mudah dan aman untuk dilalui. Pendakian gunung memiliki tingkat kesulitan bervariasi dan bagian terberat dari mendaki gunung tidak selalu terjadi di tengah atau di akhir perjalanan tapi bisa saja dimulai sejak awal. Oleh karena itu pendakian Gunung Sumbing melalui Bowongso ini bisa dijadikan pilihan untuk para pemula.

 

Awal perjalanan dimulai dari Wonosobo kemudian menggunakan ojek atau angkutan seseorang bisa bergerak menuju basecamp Bowongso. Persiapan untuk mendaki bisa ditemukan di basecamp karena pendakian Gunung Sumbing melalui jalur ini bukanlah sesuatu yang baru. Nikmati juga wisata kuliner untuk mengisi tenaga sebelum berangkat ke pos 1. Dari base cam menuju post 1 sebenarnya sudah bisa berjalan kaki. Tapi biar lebih nyaman perjalanan juga bisa dilakukan dengan ojek. Dari pos 1 yang disebut Taman Asrama ini seseorang harus berangkat pagi-pagi sekali supaya sampai puncak sebelum malam.