Intip 5 Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu

Intip 5 Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu

Memiliki bayi adalah sebuah anugerah terindah dari Tuhan yang sangat dinanti-nantikan oleh semua pasangan suami-istri. Bayi menjadi pelengkap terbentuknya sebuah keluarga kecil. Bayi adalah harta yang paling berharga berasal dari rahim seorang ibu dan yang akan menjadi penerus orang tuanya nanti.

Pentingnya Pemberian ASI Untuk Bayi Di Setiap Tahapan Usia

ASI (Air Susu Ibu) penting diberikan agar tumbuh kembang bayi dapat meningkat dengan baik. Pemberian ASI secara eksklusif dapat diberikan pada saat bayi baru lahir sampai mereka berusia 6 bulan. Namun setelah itu bayi masih bisa diberikan ASI hingga berusia 2 tahun.

Lalu bagaimana jika saat menyusui bayi malah justru rewel dan terkesan tidak mau menyusu? Apakah buah hati Anda pernah mengalaminya juga? Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan  bayi tidak mau menyusu.

Inilah Penyebab Bayi Sering Menangis dan Enggan Untuk Menyusu

Mungkin para ibu ada yang pernah mengalami bayinya rewel dan tidak mau menyusu. Seorang ibu tentu akan bertanya-tanya mengapa bayi tidak mau menyusu. Bayi yang tidak mau menyusu dapat terjadi karena beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya seperti berikut ini, yaitu:

  1. Rasa ASI yang berubah

Perubahan rasa ASI bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh sang Ibu. Ibu yang sering mengonsumsi makanan pedas dapat membuat ASI menjadi tidak enak rasanya.  Rasa ASI yang kurang enak tentu saja dapat membuat bayi enggan untuk meminumnya. Selain itu,  kadar natrium yang terdapat pada ASI yang lebih tinggi dapat membuat rasa ASI menjadi lebih asin, sehingga bayi tidak akan mau menyusu.

  1. Hidung bayi tersumbat

Hidung bayi yang tersumbat  biasanya disebabkan karena bayi sedang mengalami flu. Bayi yang terkena flu akan mengalami rasa ketidaknyamanan dalam bernapas. Hal ini karena kurangnya rasa nyaman saat bernafas bayi pun akan membuat mereka merasa  tidak nyaman saat menyusu.

  1. Bayi tumbuh gigi ataupun infeksi telinga

Gigi bayi yang mulai tumbuh ataupun infeksi telinga dapat membuat bayi menjadi kurang nyaman saat akan menyusu. Karena hal ini dapat membuat bayi tambah kesakitan akibat hisapan  yang dilakukan bayi. Tentu saja bayi akan rewel dan berhenti untuk menyusu.

  1. Sariawan

Orang dewasa pun akan mengeluh tidak enak makan saat merasa sariawan. Tentu hal ini juga yang akan dirasakan bayi jika merasa sariawan. Bayi akan merasa kesakitan saat menyusu. Akibatnya bayi akan sering menangis dan enggan untuk menyusu lagi.

  1. Pasca Imunisasi

Semua bayi tentu saja akan merasa kesakitan bila sedang diimunisasi. Rasa sakit yang dialami pasca imunisasi baru akan sembuh setelah beberapa hari. Pasca imunisasi bayi bisa saja merasa kurang nyaman pada posisi tertentu. Hal ini lah yang membuat bayi tidak nyaman pula saat menyusu.

Namun saat bayi sudah tak lagi menyusu, maka para ibu biasanya memberikan susu formula dengan diberikan pada botol susu dengan dot untuk memudahkan bayi untuk bisa meminumnya. Botol susu anti kolik bisa menjadi pilihan aman bagi para bayi saat belajar minum susu sendiri.Pemilihan botol susu yang tepat juga sangat memperngaruhi pencernaan mereka.

Itulah 5 penyebab bayi merasa rewel dan tidak mau menyusu. Tentu hal ini bisa menjadi perhatian untuk para ibu agar bisa mencari solusi cepat dan tepat untuk bayi tercinta para ibu agar si buah hati mau menyusui kembali.