Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Lampu depan mobil merupakan bagian eksterior mobil yang berpengaruh pada tampilan. Namun, di samping mempengaruhi tampilan luar mobil, lampu depan mobil juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai sebagai penerang jalan ketika hari gelap baik pada malam hari maupun ketika hujan deras.

Dengan kata lain, peran lampu depan mobil sangat penting sehingga lampu depan mobil yang mati tidak boleh dibiarkan begitu saja. Beberapa penyebab lampu depan mobil mati adalah sebagai berikut:

  1. Kabel atau Relay Bermasalah

Kabel atau relay yang bermasalah dapat menjadi penyebab matinya lampu depan mobil. kabel atau relay tersebut berfungsi untuk menghubungkan lampu depan mobil dengan sumber listrik. Oleh karena itulah apabila terjadi masalah pada kabel atau relay, lampu depan mobil pun akan mati.

Anda dapat mengecek apakah matinya lampu depan mobil disebabkan oleh masalah pada kabel, yaitu dengan cara menggoyangkan kabel sedikit ketika kunci kontak sedang on dan aki aktif. Apabila goyangan kecil tersebut menyebabkan lampu depan mobil mati kemudian menyala kembali, maka ada masalah pada kabel tersebut.

Jika hal itu terjadi, Anda sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

  1. Sekring Putus

Di samping kabel atau relay yang bermasalah, lampu depan mobil yang mati juga dapat disebabkan oleh hal lain, yaitu sekring kelistrikan di dalam mobil yang putus. Sekring kelistrikan ini berbentuk seperti dua jari atau gigi dan biasanya terkumpul dalam sebuah wadah yang berbentuk kotak di bagian bawah kanan, dekat dengan setir mobil.

Apabila lampu depan mobil mati, sebaiknya segera cek bagian sekring kelistrikan ini karena bisa jadi sumber masalahnya dari sini. Cari dan cek bagian sekring yang berhubungan dengan lampu untuk mengetahui sekring ini putus atau tidak.

Sekring yang putus dapat diperbaiki dengan melilitkan 2 helai serabut logam pada kabel ke terminal kemudian memasang kembali sekring lampu.

  1. Kualitas Lampu Kurang Baik

Lampu atau bohlam yang digunakan pada lampu depan mobil juga dapat menyebabkanlampu depan mobil mati, misalnya karena kualitas lampu bohlam yang kurang baik. Pasalnya, lampu bohlam yang kualitasnya kurang baik akan sering putus atau rusak sehingga lampu depan mobil pun mati.

Hal ini dapat terjadi karena lampu bohlam yang kualitasnya kurang baik tidak akan kuat menahan panas dan mengakibatkan filamen yang ada didalamnya menjadi mudah putus. Lebih baik membeli bohlam yang lebih mahal untuk lampu depan mobil yang awet dibanding membeli bohlam murah tetapi harus sering mengganti lampu.

  1. Tegangan Sistem Kelistrikan Tidak Stabil

Selain dapat disebabkan oleh bohlam yang kualitasnya kurang baik, lampu depan mobil juga bisa mati karena tegangan sistem kelistrikan yang tidak stabil. Tegangan yang terlalu tinggi dan tidak stabil dapat menyebabkan lampu bohlam mati total secara tiba-tiba.

Untuk memeriksa apakah tegangan sistem kelistrikan pada mobil stabil atau tidak, Anda dapat menggunakan alat berupa voltmeter atau multimeter. Jika memang tegangan pada sistem kelistrikan tidak stabil, maka Anda disarankan utnuk memeriksa komponen yang memang bertanggung jawab terhadap sistem kelistrikan, seperti aki mobil.

Cara tercepat mengatasi penyebab lampu depan mobil mati adalah dengan membawa mobil ke bengkel. Namun, kursusmekanikmobil.net juga dapat membantu Anda mengetahui tentang mobil. Mulai dari masalah ringan sampai masalah berat, kursusmekanikmobil.net akan dapat membantu Anda.