Rekomendasi Permainan Belajar untuk Anak

Rekomendasi Permainan Belajar untuk Anak

Jika Anda berharap anak usia TK duduk di depan buku mereka dalam waktu berjam-jam untuk belajar, maka hanya kekecewaan yang akan Anda dapatkan. Mengapa? Karena anak-anak memang belum memiliki kemampuan fokus seperti orang dewasa sehingga sulit bagi mereka untuk bisa belajar dalam waktu yang panjang. Inilah yang membuat permainan belajar untuk anak adalah metode terbaik untuk membantu mereka belajar.

Jenis permainan belajar yang cocok untuk anak

Seperti disebutkan sebelumnya, permainan adalah hal paling penting dalam proses pembelajaran dan tumbuh kembang anak. Inilah yang membuat Anda sebagai orang tua harus kreatif dalam menyediakan banyak ragam permainan untuk anak agar tidak bosan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda gunakan untuk bermain bersama dengan anak guna mendukung perkembangan anak.

·        Permainan untuk belajar berhitung

Salah satu hal yang wajib dipelajari anak sebelum ia masuk ke sekolah adalah belajar berhitung. Untuk bisa mengajak anak belajar berhitung, ada banyak sekali permainan yang bisa di lakukan. Salah satu permainan yang cocok dan bisa digunakan untuk mengajak anak bermain sambil belajar adalah menghitung jumlah titik di dadu yang dilempar.

Permainan ini adalah permainan yang cukup menarik dan tentunya bisa menyita perhatian anak Anda. Anda bisa mengajaknya bermain untuk menghitung titik atau bahkan menggunakannya untuk belajar penambahan dan pengurangan jika usianya sudah mencukupi.

·        Permainan untuk belajar membaca

Selain belajar berhitung, anak juga harus bisa membaca sebelum masuk ke sekolah dasar. Inilah yang membuat Anda juga harus membantu anak untuk bisa mengenal huruf sedini mungkin. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengajak anak belajar membaca atau mengenal huruf adalah dengan permainan stamp it.

Permainan stamp it ini adalah sebuah permainan di mana Anda mempersiapkan kartu-kartu dengan huruf alfabet dan juga stampel. Anda bisa mempersiapkan banyak warna supaya anak bisa memilih akan menggunakan warna stampel yang mana.

Cara bermainnya cukup mudah. Anda bisa menyebutkan salah satu huruf dan biarkan anak Anda mencari huruf yang mana yang ia akan stempel. Anda bisa memulai dengan jumlah huruf yang kecil dahulu. Huruf yang mirip atau huruf apa saja yang ingin Anda ajarkan pada anak Anda.

Pilihan warna juga bisa atur sesuai dengan apa yang Anda atau anak inginkan. Hal ini akan membuat proses belajar membaca menjadi lebih menarik dan asyik.

·        Permainan untuk mengolah motorik

Hal lain yang tidak boleh dilupakan untuk diajarkan pada anak-anak adalah pengelolaan motorik. Pengelolaan motorik sangat penting untuk membantu anak bisa beraktivitas dengan baik dan bebas di alam.

Salah satu permainan motorik yang terbaik bisa dilakukan di taman bermain, akan tetapi pada kondisi pandemi seperti ini pasti rasanya tidak tega melepas anak untuk bermain di taman bermain bukan? Oleh karena itu, Anda juga bisa membuat taman pribadi untuk anak Anda. Salah satunya adalah taman bermain air.

Untuk membuat taman bermain air ini, Anda bisa membeli perangkatnya di toko jual playground kolam renang. Kolam renang buatan bisa digunakan untuk membantu anak belajar motoriknya di rumah tanpa harus datang ke kolam renang aslinya.

Belajar motorik dengan air sangat menguntungkan karena anak bisa belajar banyak hal, mulai dari pengelolaan emosinya hingga pengetahuan mengenai gravitasi. Jadi ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki permainan belajar untuk anak yaitu kolam renang portable di rumah.