Rumus Luas Persegi Panjang dan Contoh Soalnya

Rumus Luas Persegi Panjang dan Contoh Soalnya

Salah satu rumus dasar matemaika yang masih sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari yaitu rumus luas persegi panjang. Pengetahuan tentang luas bangun datar seperti ini tidak hanya perlu dihafal untuk mengerjakan soal saat sekolah saja. Namun, lebih luas lagi dalam kehidupan. Misalnya saat Anda akan membeli tanah atau barang apapun yang memiliki bentuk persegi panjang.

Pengetahuan tentang numerasi ada baiknya untuk selalu diasah. Apalagi nantinya Anda akan menjadi orang tua. Ilmu tentang ini akan Anda ajarkan saat belajar bersama dengan anak-anak.

Rumus Luas Persegi Panjang

Untuk dapat menghitung luas persegi panjang pada bangun datar membutuhkan dua hal, yaitu panjang dan lebar. Jika Anda saat ini sedang ingin mengetahui luas suatu benda, maka ukurlah dengan menggunakan penggaris. Sisi yang lebih panjang dari bagian lain disebut panjang. Sebaliknya, sisi yang lebih pendek disebut lebar. Berikut rumus luas persegi panjang:

L = Panjang (p) x Lebar (l)

Sifat Persegi Panjang

Pada dasarnya setiap benda memiliki sifat sebagai penanda kekhasannya. Begitu juga dengan persegi panjang. Pengetahuan tentang sifat khas ini akan memudahkan dan membantu Anda dalam mengaplikasikan rumus luas persegi panjang. Sifat-sifat persegi panjang tersebut antara lain:

  1. Memiliki 4 Sisi

Persegi panjang merupakan salah satu dari anggota bangun datar. Ciri umumnya yaitu selalu memiliki 4 sisi. Dimana keempat sisinya tersebut tidaklah memiliki ukuran panjang yang sama.

  1. Memiliki 2 Sisi sama Panjang

Pada keempat sisi persegi panjang, terdapat dua sisi yang memiliki ukuran sama. Bagian yang lebih panjang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan bagian yang lebarnya.

  1. Memiliki 2 Simetri Lipat

Sebagai bangun datar, persegi panjang dapat dilipat secara simetris data mempertemukan dua sisinya. Selain itu, cara seperti ini juga menunjukkan bahwa bangun ini juga memiliki 2 buah sumbu simetri.

  1. Memiliki 2 Diagonal yang Sama Panjang

Selain memiliki 2 sisi yang sama panjang, persegi panjang sebagai bangun datar juga memiliki diagonal. Dimana jumlahnya ada dua dan dengan ukuran panjang yang sama. Saat diagonal dilipat, ataupun digaris, maka akan saling berpotongan tepat di tengah-tengahnya.

Contoh Soal Penggunaan Rumus Luas Persegi Panjang

Benda-benda dengan bentuk persegi Panjang dalam kehidupan sehari-hari misalnya triplek, lembaran kertas, kain batik, papan tulis, permukaan meja, dipan, lantai dan masih banyak lainnya. Untuk membantu Anda memahami penggunaan rumus persegi panjang, simak contoh penggunaannya pada soal-soal berikut ini.

  • Contoh Soal 1

Hitunglah luas persegi panjang jika diketahui sisi panjangnya yaitu 20 cm dan sisi lebarnya yaitu 10 cm.

Diketahui: p = 20 cm dan l = 10 cm

Jawab:

L = Panjang (p) x Lebar (l)

L = 20 x 10

L = 200 cm2

Jadi, luas persegi panjang terebut yaitu 200 cm2.

  • Contoh Soal 2

Diketahui sebuah persegi panjang memiliki luas 150 cm2 dengan sisi panjangnya yaitu 25 cm. Hitunglah ukuran lebar persegi panjang tersebut!

Diketahui: Luas persegi panjang = 150 cm2 dan p = 25 cm

Jawab:

L = Panjang (p) x Lebar (l)

150 = 25 x l

l = 150 ÷ 25

l = 6 cm

Jadi, ukuran sisi lebar dari persegi panjang tersebut yaitu 6 cm.

  • Contoh Soal 3

Suatu persegi panjang, sisi lebarnya yaitu 7 cm dan luasnya sebesar 70 cm2. Carilah sisi panjangnya!

Diketahui: L = 70 cm2 dan l = 7 cm

Jawab:

L = Panjang (p) x Lebar (l)

70 = p x 7

p = 70 ÷ 7

p = 10 cm

Jadi, ukuran sisi panjang dari persegi panjang tersebut yaitu 10 cm.

Soal-soal lainnya dengan model yang beraneka ragam, dapat Anda cari lebih banyak dari Ono Ini yang merupakan website pengetahuan umum. Dimana, situs tersebut menyediakan latihan-latihan soal tentang rumus luas persegi Panjang lainnya.