Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Tempat Tidur Bayi Lucu

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Tempat Tidur Bayi Lucu

Apakah Anda sedang menantikan kehadiran buah hati? Jika iya, maka pastikan untuk menyiapkan berbagai perlengkapan untuk si kecil tersebut jauh-jauh hari. Salah satu perlengkapan yang wajib untuk disiapkan adalah tempat tidur. Nantinya, tempat tersebut dapat membuat bayi tidur dengan lebih nyaman dan aman.

 

Perlukan Bayi Menggunakan Tempat Tidur Sendiri?

Setiap bayi yang baru saja lahir ke dunia alangkah baiknya untuk tidur terpisah dengan orang tuanya. Hal ini tidak lain agar nantinya tidak ada masalah-masalah yang tidak diinginkan. Seperti gangguan tidur, kesulitan bernapas karena terlalu dekat dengan orang tua saat tidur, dan lain sebagainya. Berbeda dengan bayi besar. Tentu saja, Anda dapat menemaninya lebih dekat saat tertidur.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bayi tetap nyaman saat tidur adalah posisi tidur yang tepat sehingga tidak kesulitan bernapas. Tidak ada barang yang terlalu banyak di tempat tidur, posisi orang tua yang agak jauh agar tidak menimpa bayi atau membuat bayi kesulitan bernapas.

Untuk dapat menerapkan hal tersebut, maka solusinya adalah dengan menggunakan tempat tidur bayi sendiri khusus untuk si kecil. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memberikan pengawasan kepada mereka saat terlelap. Hal yang paling penting adalah tidak terlalu banyak menggunakan barang-barang di sekitarnya sehingga membuat si kecil lebih nyaman.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tempat Tidur Si Kecil

Apabila Anda ingin membeli tempat tidur untuk si kecil, maka ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Pasalnya, penggunaan tempat tidur tersebut akan memberikan pengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan si kecil saat tertidur. Di bawah ini merupakan beberapa pertimbangan penting yang dapat Anda perhatikan sebelum membelinya:

  1. Pastikan memilih tempat tidur khusus bayi

Saat membeli tempat tidur, Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Pastikan untuk memilih yang memang khusus digunakan untuk bayi baru lahir. Sebisa mungkin untuk menghindari tempat tidur yang digunakan untuk usia lebih dari 10 tahun. Terlebih, kebanyakan orang mungkin akan lebih merasa senang jika menggunakan barang warisan dari orang lain.

Akan tetapi, jika tidak tepat penggunaannya maka bisa saja membahayakan si kecil. Selain itu, tempat tidur warisan dari orang lain juga umumnya sudah ada banyak perbedaan. Alangkah lebih baik jika membelinya agar mendapat kondisi yang masih baru.

  1. Perhatikan jarak antar tiang

Hal yang perlu Anda perhatikan lainnya adalah jarak antar tiang serta bingkai dari tempat tidur tersebut. Pastikan tidak terdapat ruang antara bingkai tempat tidur yang digunakan dengan kasur. Selain itu, ukuran kasur tersebut juga harus sesuai dengan ukuran tempat tidur agar lebih aman saat digunakan.

Sebagai informasi, ruang antara bingkai, kasur, dan antar tiang setidaknya tidak lebih dari 5 cm saja. Hal tersebut dilakukan agar dapatĀ  mengurangi kemungkinan kepala maupun tubuh bayi terjepit pada area tersebut.

  1. Perhatikan ketebalan kasur

Pastikan Anda memilih tempat tidur yang memiliki ketebalan mulai 7-15 cm. Hal ini agar nantinya bayi dapat tidur dengan nyaman. Selain itu, perhatikan juga kepadatan busa kasur yang digunakan. Kasur dengan busa yang jauh lebih berat bisa saja lebih padat sehingga dapat menjadi pilihan yang baik.

Anda juga perlu menghindari untuk memilih kasur yang terlalu empuk. Hal ini hanya akan membuat bayi menjadi tenggelam tentu bisa saja bayi kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu, perhatikan antara ketebalan dan kepadatan kasur.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli tempat tidur untuk bayi. Agar mendapatkan tempat tidur yang nyaman dan aman digunakan, maka pastikan untuk memperhatikan beberapa hal di atas.