Tempat Wisata di Kota Bandar Lampung yang Memberikan Pengalaman Tak Terlupakan

Tempat Wisata di Kota Bandar Lampung yang Memberikan Pengalaman Tak Terlupakan

Wisata adalah sebuah bentuk kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain dari menikmati berbagai keindahan kota dan tempat di berbagai belahan dunia wisata juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi setiap orang atau sekelompok orang yang tentu saja dapat menikmati kunjungan ke sebuah tempat yang bagus. Wisata terbagi ke dalam beberapa jenis dan bagian tergantung pada kegiatan yang digunakan dalam wisata tersebut atau kelompok yang dibawa untuk tujuan wisata tersebut. Jadi ada wisata keluarga atau wisata romantis selain itu ada pula wisata air atau wisata sejarah. Lampung memiliki kemampuan untuk menyediakan beragam jenis tempat wisata dengan berbagai kategori dan cocok untuk kelompok apapun.

Ingin bepergian sendirian ke Lampung sudah pasti menyinggahi kota Bandar Lampung terlebih dahulu. Ibukota Propinsi Lampung ini merupakan kota yang sesuai dengan fungsinya merupakan pusat dari berbagai kegiatan di Lampung. Ketika ingin mengunjungi pelosok Lampung maka kota ini akan disinggahi atau dilewati. Orang yang ingin ke berbagai tempat wisata di Lampung sudah pasti akan menggunakan tempat ini sebagai patokan mereka. Semua orang dari berbagai kota bisa mengunjungi kota ini dengan memanfaatkan fasilitas Harga Tiket. Salah satu keunggulan dari Bandar Lampung adalah banyaknya tempat wisata yang tersebar di tempat ini sehingga mengunjungi Propinsi Bandar Lampung untuk berwisata bisa jadi tidak ada habisnya. Waktu sebulan penuh mungkin saja tidak cukup untuk menyelesaikan semua pilihan objek wisata di kota ini saja.

Tempat wisata mungkin saja tidak benar-benar terletak di dalam kota Bandar Lampung. Tapi akses untuk daerah wisata ini begitu mudah dari Bandar Lampung sehingga dapat dikatakan bahwa tempat wisata ini termasuk wilayah wisata Bandar Lampung. Selain itu beberapa daerah wisata yang nanti akan dibahas bisa jadi merupakan sebuah daerah wisata andalan di Lampung sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebuah sasaran kunjungan yang sangat bagus. Walaupun demikian wisata bukan hanya konsumsi orang-orang yang berada di luar kota. Banyak juga penduduk Bandar Lampung yang mengunjungi tempat wisata ini sehingga jika berkunjung di akhir pekan berbagai tempat bisa sangat ramai.

Berbagai Tempat Wisata di Kota Bandar Lampung yang Paling Populer

Salah satu tempat wisata yang paling populer di kota bandar Lampung adalah tama kupu-kupu. Taman yang bernama GIta Persada ini merupakan sebuah taman yang terletak di kaki Gunung Betung. Lokasi taman berada di dalam sebuah desa yang bernama Desa Tanjung Manis. Desa ini bisa diakses dari jalan Way Rahman. Agar lebih mudah untuk menemukannya desa ini merupakan bagian dari Kecaman Kemiling. Taman dirancang dengan sangat baik dengan berbagai fasilitas pendukung yang membuat kunjungan ke dalam taman menjadi lebih mudah dinikmati. Lokasi taman akan tampak seperti hutan yang sejuk dan menyegarkan.

Pada taman ini terdapat sangkar kupu-kupu yaitu tempat perkembangbiakan kupu-kupu agar terlindungi dari predator yang memangsa kupu-kupu sehingga jenis yang rentan dapat dilindungi dengan baik. Di sangkar ini dapat dilakukan observasi perubahan kupu-kupu dari pupa hingga keluar dari kepompong. Tempat ini juga banyak dikunjungi mahasiswa untuk mencatat perkembangan kupu-kupu secara langsung. Fasilitas in merupakan bagian dari wahana di dalam taman jadi tidak ada biaya masuk tambahan untuk melihat sangkar-sangkar kupu-kupu dan mengamati berbagai kejadian yang ditemukan di dalam sangkar. Kejadian-kejadian ini bisa jadi merupakan sesuatu yang sangat unik. Jarang sekali orang kota bisa melihat kupu-kupu pada masa kini, apalagi melihat proses metamorphosis dari dekat. Bersama keluarga, tempat ini akan menjadi tempat yang sangat bagus untuk pendidikan.

Fitur lain yang ditemukan di dalam taman adalah rumah pohon. Rumah pohon di dalam taman Gita Persada ini tidak ditujukan sebagai tempat untuk mengamati kupu-kupu. Rumah pohon ini adalah fasilitas tambahan yang disediakan agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dan lingkungan sekitar dari rumah pohon yang dirancang sangat tinggi. Tinggi dari rumah pohon mencapai 3 lantai. Pengunjung dapat naik ke atas rumah pohon sambil mencari angin dan melihat keadaan di sekitar taman. Ini merupakan tempat yang bagus untuk menghindari keributan dan mencari ketenangan. Rancangan rumah pohon mungkin tidak cocok untuk selera sebagian orang karena tangga yang digunakan untuk naik lantai tiga rumah pohon menggunakan tali. Selain itu rumah pohon tidak memiliki tempat duduk sehingga lebih mirip tower pengawas daripada rumah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya taman ini merupakan yang ajang baik untuk memberikan pendidikan pada anak. Semua area taman memiliki spot tertentu yang bisa digunakan untuk pendidikan anak. Di dalam taman juga akan ada tempat bermain untuk anak-anak dengan permainan yang tentu saja berkaitan dengan kupu-kupu. Taman in memiliki orientasi pendidikan jadi mungkin saja tidak semua anak tertarik untuk menghabiskan waktu mereka mempelajari nama kupu-kupu atau siklus kehidupan kupu-kupu. Walaupun demikian semua pendidikan dan pelajaran ini dikemas dengan cara yang cukup menarik sehingga sementara anak bermain orang tua dapat menyingkir ke suatu tempat melakukan kegiatan lain.

Terjadi juga pusat souvenir kupu-kupu dengan berbagai ukuran dan warna. Rancangan dan bahan yang digunakan untuk membuat souvenir juga bervariasi dengan konsekuensi harga yang harus dikeluarkan untuk membayar souvenir tersebut juga bervariasi. Untuk mengisi perut dianjurkan bagi pengunjung untuk membawa makanan sendiri. Tapi bagi orang yang tidak memiliki pantangan makan dan bisa menikmati menus sederhana sebagai makanan untuk mengisi perut hingga kenyang atau sekedar mengganjal perut sehingga tidak memberontak maka dapat mengunjungi kafetaria untuk menemukan sejumlah menu yang biasa juga ditemukan pada berbagai warung tenda di pinggir jalan sehingga mungkin tidak akan dianggap sebagai sebuah pengalaman kuliner bagi pengunjung yang juga tertarik dengan wisata kuliner.

Taman Gita Persada ini tergolong murah karena setiap orang hanya membutuhkan uang sebanyak 10 ribu rupiah untuk masuk ke dalam taman ini. Waktu operasional taman juga terbatas. Dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Selain itu bagi orang yang tidak terbiasa untuk buang air di hutan tersedia juga toilet agar pengunjung bisa menyelesaikan urusan mereka tanpa merasa khawatir.

Wisata Air Terjun Batu Putu di Tengah Kota Bandar Lampung

Wisata kota yang biasanya berhubungan dengan berbagai kegiatan dan hiburan yang berhubungan dengan teknologi tidak sepenuhnya berlaku di Bandar Lampung. Pada kota ini terdapat cukup banyak juga daerah wisata yang masih termasuk alami. Ini membuktikan bahwa Bandar Lampung masih belum sepenuhnya kota sehingga ketika ada orang yang menyebut Bandar Lampung sebagai metropolis maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut tidak memahami tingkatan dari kota. Di tengah kota bandar Lampung terdapat sebuah desa yang disebut dengan Desa batu Putu. Desa ini merupakan bagian dari Kecamatan Teluk Betung Barat. Keunikan dari air terjun ini lebih banyak daripada sekedar posisinya yang berada di tengah kota Bandar Lampung.

Berjalan menuju lokasi air terjun tidaklah mudah. Tidak ada kendaraan yang bisa masuk ke lokasi air terjun. Selain itu tidak ada jalan yang modern untuk dilalui menuju air terjun. Para pengunjung air terjun harus melewati jalan setapak yang masih belum sempat direkayasa oleh pemerintah kota untuk membuat air terjun menjadi lebih menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Karena jalan setapak yang digunakan masih alami sehingga sepatu dan sandal cantik tidak akan bisa digunakan untuk mengunjungi air terjun ini. Pada sebuah area pengunjung akan menemukan sebuah susunan tangga yang tidak rata dengan pegangan yang tidak selalu ada untuk semua bagian tangga dan ada pula tangga yang terhalang oleh pohon.

Jalur untuk menuju tangga menjadi semakin menantang karena adanya berbagai risiko jatuh karena jalanan licin dan basah. Di bagian kiri dan kanan jalan juga terdapat jurang yang cukup dalam. Lokasi air terjun ini bisa menjadi tetap terjaga sifat alaminya karena air terjun ini berada di dalam lokasi hutan lindung.  Oleh karena itu tidak salah jika orang-orang mengunjungi tempat ini untuk mencari kesegaran. Air terjun mengalir deras dari pegunungan. Angin yang segar dan menyejukkan tubuh mudah sekali untuk dirasakan. Air terjun cukup tinggi sehingga suara gemuruh yang dihasilkan dari jatuhnya air cukup besar dan menutupi suara kebisingan kota yang masih tetap berusaha untuk menginvasi ketenangan alami ini.

Air terjun memiliki tinggi 10 meter. Tidak ada tanda-tanda kehidupan modern pada area air terjun ini. Semua situasi yang ditemukan dalam area air terjun sepenuhnya alami. Oleh karena itu kegiatan yang dapat dilakukan pada saat berada di dekat air terjun juga merupakan berbagai kegiatan alami yang mungkin tidak bisa dirasakan dengan mudah di tempat lain. Air terjun tidak terlalu deras. Menghasilkan aliran air yang tidak terlalu besar sehingga memungkinkan orang untuk bermain air dengan aman. Tentu saja kondisi di dalam aliran sungai dan sekitarnya masih termasuk licin sehingga orang yang ingin bermain di air terjun tetap harus hati-hati. Jika salah melangkah seseorang bisa terjatuh ke batu dan mendapatkan cidera yang fatal.

Di area air terjun terdapat juga kolam. Kolam ini dibuat menjadi dua bagian. Kolam yang lebih tinggi terletak tepat di bawah air terjun. Pengunjung boleh berenang di kolam ini untuk menambah kesegaran mereka. Kolam pertama ini memiliki kedalaman setinggi paha orang dewasa dan kolam kedua juga memiliki kedalaman yang serupa. Berenang dan berendam biasanya menjadi kegiatan yang dilakukan di dalam kolam ini. Seperti aliran sungai pada umumnya air akan berubah kecoklatan pada saat musim penghujan karena membawa tanah dari aliran air yang lebih tinggi. Walaupun demikian pada saat hujan mulai jarang maka kotoran dalam air akan mulai mengendap dan air menjadi lebih jernih.

Air terjun juga bisa dijadikan spot foto yang bagus. Biasanya latar dari foto adalah air terjun itu sendiri. Walaupun demikian pada saat berfoto dibutuhkan tempat yang pas untuk menangkap air terjun dengan baik. Orang yang ingin berfoto juga harus memperhatikan posisi mereka sehingga tidak terjadi kecelakaan yang akan mengakibatkan kerugian karena perangkat yang dimiliki terendam air. Untuk menikmati keindahan air terjun dalam waktu yang lebih lama sudah disediakan area berkemah yang bisa dipakai untuk mendirikan tenda baik untuk sementara atau untuk menginap.